in: News | June 27, 2013 | by: Ozal

Jaringan Lebih Cepat dari 4G Hadir di Korea Selatan

Jaringan yang diklaim dua kali lebih cepat dari 4G LTE yang ada di beberapa negara lain dan 10 kali lebih cepat dari jaringan 3G, telah hadir di Korea Selatan. Operator telekomunikasi Korea Selatan SK Telecom resmi meluncurkan jaringan 4G LTE-Advance. Jaringan tersebut mampu melakukan transfer data dengan kecepatan 150 megabit per detik (Mbps).

4G LTE

Meskipun dalam praktiknya pelanggan belum tentu mendapatkan kecepatan yang benar-benar hingga 150 Mbps, namun pihak perusahaan menyatakan, dapat mengakses dengan cepat layanan video streaming 1080p full-HD pada awal Juli nanti. Selain itu, layanan video dan audio chatting yang berkualitas lebih tinggi dari sebelumnya pun dapat diakses dengan mudahnya.

Saat ini, jaringan tersebut sudah tersebar di 44 kota besar di Korsel, termasuk Seoul. Rencananya, pihak SK Telecom bakal melipatgandakan jumlah kotanya yang dapat mengakses jaringan 4G LTE-Advance.

Perangkat pertama yang dianggap mampu berjalan di jaringan 4G LTE-Advance, yakni Galaxy 4S LTE-A yang dirilis awal bulan ini. Galaxy 4S LTE-A telah dibenamkan chip komunikasi baru dari SK-Telecom yang mampu mengakses data super cepat tersebut. Akhir tahun nanti SK Telecom berharap, sudah ada 6 perangkat yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE-Advance.

Seorang analis di Telecoms Consultant Ovum, Daryl Schoolar mengatakan, jaringan yang ditawarkan operator bukan hanya soal kecepatan saja, melainkan juga besaran kapasitas data yang didapatkan pelanggan saat berselancar di dunia maya. Selain itu, operator juga mesti mampu menangani suatu keadaan ketika jaringan sedang overload.

4G LTE 2

“Jaringan itu seperti halnya jalan raya. Semakin banyak orang yang menggunakannya, jalan raya pun bisa macet. Operator harus memastikan, kecepatan internet tidak akan melambat bila sewaktu-waktu dalam kondisi jaringan tersibuk,” tambahnya.

untuk diketahui, di negara lain seperti di Inggris, jaringan 4G secara maksimal yang dikelola EE (Perusahaan induk dari T-Mobile dan Orange) mampu berjalan di kecapatan 75 Mbps. Baru-baru ini juga, perusahaan telekomunikasi tersebut telah memasang peralatan jaringan 4G versi terbaru di pusaat bisnis kota London Selatan. Perusahaan itu mengklaim mampu menawarkan layanan dua kali lebih cepat dari 4G, bahkan menyamai kecepatan yang ditawarkan SK Telecom.

Namun sayangnya, karena keterbasan perangkat mobile yang mampu mengakses jaringan super cepat yang disediakan perusahaan, maka pengguna di London Selatan hanya dapat mengakses kecepatan maksimal sebesar 100 MBps.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES