in: News | June 29, 2013 | by: Ozal

Korea Utara Rilis Tablet Andoid non-Wifi

korut tab 1

Kabar mengejutkan datang dari Korea Utara. Negara yang terkenal dengan proganda anti kebebasan berinternetnya itu dikabarkan baru saja merilis sebuah tablet Android bernama Samjiyon. Produk itu secara resmi diumumkan pada event tahunan Korut, Pyongyang Autumn International Trade Fair. Namun, tablet tersebut tidak dilengkapi dengan fitur wifi.

Walau tidak dilengkapi wifi, tablet yang dibuat oleh sebuah perusahaan misterius “Chosun Computer” ini memiliki fitur web browser seperti tablet kebanyakan. Sayangnya lagi, seperti dilansir Slahgear, mengingat hingga saat ini warga Korut belum bisa mengakses internet, fitur web browser Samjiyon terasa percuma dan “aneh”.

Kendati demikian, tablet yang tampaknya berlayar 10 Inci tersebut dapat menjalankan beberapa fitur-fitur dasar yang umumnya ditemui di tablet-tablet Android. Hal itu seperti melakukan beberapa tugas penting, menonton acara media pemerintah, bahkan dapat memainkan game Angry Bird.

korut tab 2

Hingga kini, belum tersedia informasi jelas mengenai spasifikasi lengkap dan harga tablet tersebut. Selain itu, belum diketahui juga apakah Samjiyon dapat dapat menjalankan berbagai aplikasi Android.

Awal tahun 2013 lalu, bos Google Erich Schmit sempat melakukan kunjungan ke Korea Utara una misi kebebasan berinternet. Pemerintah komunis itu berjanji akan menyediakan jaringan mobile broadband 3G bagi pengunjung asing mengakses internet. Namun tanpa alasan yang jelas, pada 1 Maret lalu, pemerintah malah mematikan jaringan internet bagi pengunjung.

(sumber: Slashgear)

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES