in: News | June 29, 2013 | by: Ozal

Microsoft Investasikan Rp 7 Triliun untuk Bangun Server Cloud Xbox One

Microsoft dikabarkan berencana menggelontorkan dana hampir US$ 700 juta atau setara Rp 7 triliun untuk membangun cloud server Xbox One di West Des Moines, salah satu di negara bagian Amerika Serikat, Iowa. Proyek yang dijuluki “Project Mountain” ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas cloud server di Iowa Data Centre untuk layanan Xbox Live dan juga Office 365.

Microsoft 1

“Ekspansi dilakukan perusahaan untuk merespon peningkatan kebutuhan layanan cloud Microsoft. Proyek ini merupakan pemikirian baru kami tentang efisiensi data center,” kata Christian Belady dari pihak Microsoft yang enggan cerita lebih jauh mengenai server cloud Xbox One, seperti dilansir Des Moines Register.

Proyek investasi bernilai US$ 677,6 juta tersebut akan mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi kota kota pahlawan Shawn Johnson ini. Microsoft melalui kesepakatan bersama dengan Dewan Pembangunan Ekonomi Kota Iowa menetapkan kredit pajak sebesar US$ 20 juta dolar. Selain itu, diharapkan dengan adanya proyek ini, dapat menciptakan 29 jenis lapangan pekerjaan baru.

Direktur Pengembangan Ekonomi Negara, Debi Durham mengatakan, proyak pembangunan pusat data di Iowa kemungkinan akan lebih banyak lagi di tahun ini dan di masa yang akan datang. “Iowa itu kota yang menarik bagi proyek. Sebab, punya tenaga yang dapat diandalkan, murah dan menguntungkan untuk pengembangan data center yang agresif.” ujar Durham.

Untuk diketahui, Microsoft mengoperasikan sejumlah besar pusat data di banyak belahan dunia. Perusahaan layanan Windows Azure misalnya, menawarkan layanan pusat data Asia di Singapura dan Hong Kong, Irlandia dan Belanda di Eropa, dan Illinois, Texas, Virginia dan California untuk wilayah Amerika Serikat.

Rival Microsoft, Google baru-baru ini juga melakukan investasi data centernya di wilayah Council Bluffs senilai US$ 1,5 miliar. Lalu Facebook pada dua bulan yang lalu juga mengumumkan akan berinvesta sebesar US$ 300 juta di pusat data Altoona. “Saya pikir hal-hal besar yang akan terjadi. Pusat data adalah bagian besar dari itu.” Kata President of the West Des Moines Business Incubator, Anita Messerschmidt.

(sumber: Des Moines Register)

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES