in: News | June 25, 2013 | by: Ozal

Nilai Transaksi Lewat Mobile Akan Melebihi US$ 3,2 Triliun pada 2017

Nilai transaksi yang dilakukan melalui smartphone dan tablet, atau biasa disebut m-commerce, diperkirakan akan melebihi US$ 3,2 triliun pada 2017 mendatang. Angka tersebut meningkat dua kali lipat dari tahun ini yang telah mencapai US$ 1,5 triliun.

MCommerce

Menurut laporan dari Juniper Research, sektor mobile banking menjadi penyokong terbesar dari pesatnya transaksi m-commerce selama lima tahun ke depan. Hal itu disebabkan pembayaran tagihan melalui perangkat mobile ini sudah tidak asing lagi bagi pengguna Internet di seluruh dunia.

Selain itu, sejumlah sektor industri seperti retail, penerbangan, dan lembaga keuangan turut meningkatkan akan pentingnya fungsi jaringan mobile dalam mekanisme pengiriman dan pembayaran. Sebagai contoh, Visa dan MasterCards mengembangkan tenologi Near Field Communication dalam smartphone sebagai substitusi dari penggunaan kartu kredit dan maskapai penerbangan yang memanfaatkan layanan e-ticketingnya.

Pesatnya transaksi m-commerce menjadi suatu tren ini turut meningkatkan kesadaran orang dewasa sebesar 50 persen akan pentingnya layanan perbankan. Selain itu, tren ini juga mendorong tumbuhnya ekonomi digital.

Kendati demikian, laporan tersebut menyebutkan, terdapat sejumlah rintangan yang perlu diatasi agar perkembangan m-commerce dapat mencapai potensinya. Rintangan tersebut, di antaranya belum optimalnya halaman situs m-commerce dan kurangnya pengalaman pengguna bertransaksi secara mobile.

(Sumber)

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES