[Review] Man of Steel: Kuat, Menyentuh dan Emosional

Reading time:
June 14, 2013
man-of-steel-poster

Siapa yang tidak kenal superhero yang satu ini? Dengan ciri khas simbol “S” yang melekat di dadanya serta kostum serba biru-merah, rasanya mustahil untuk tidak bisa langsung mengenali sang superhero dari DC Comics tersebut. Superman kembali hadir di hadapan kita pada layar lebar dengan kembali ke titik awal dan nuansa yang baru dalam film Man of Steel. Penggarapan film reboot ini dilakukan oleh Christoper Nolan (The Dark Knight) sebagai produser, David S. Goyer (The Dark Knight: Rises) sebagai penulis naskah,dan Zack Snyder (300) sebagai sutradara.

Sejarah untuk menggarap film Man of Steel ini memiliki banyak kisah sejak tahun 2008 silam. Berbagai masalah dan hambatan terjadi selama perencanaannya, membuat proses film reboot Superman ini menjadi semakin mundur. Perencanaan film reboot ini akhirnya mencapai titik terang ketika Nolan bersedia untuk menggarapnya pada tahun 2010. Dengan adanya kehadiran Nolan, yang terkenal dan telah menuai kesuksesan sejak film The Dark Knight dan The Dark Knight: Rises, berbagai ekspektasi serta antusias penonton untuk film Man of Steel ini pun menjadi sangat tinggi. Seperti apakah kisah Superman yang digarap oleh Nolan ini?

Plot Utama

Man-of-Steel-Official-Trailer-3-[HD].mp4_snapshot_00.16_[2013.06.14_05.27.00]

Pada awal film berlangsung, penonton akan disuguhkan mengenai latar belakang planet Krypton yang menjadi kampung halaman sang Superman terlebih dahulu. Kal-El yang merupakan buah hati dari Jor-El (Russel Crowe), dan Lara (Ayelet Zurer), lahir secara alami di tengah-tengah krisis yang melanda planet mereka. Tak hanya sekedar dilanda krisis, hal tersebut juga diperburuk dengan tindak kudeta yang dilakukan oleh Jendral Zod (Michael Shannon). Demi menyelamatkan anak mereka dari krisis, Jor-El dan Lara terpaksa melarikan anak semata wayangnya menuju planet yang jauh lebih aman dari planet Krypton. Tujuan Kal-El pun sampai pada planet Bumi.

Tumbuh besar sebagai anak manusia, Kal-El yang kini bernama Clark Kent (Henry Cavill) telah menyadari perbedaan kekuatan dirinya dengan anak manusia lainnya sejak kecil. Kekuatan yang dimiliki oleh Clark ini dipergunakan untuk menolong orang-orang yang membutuhkannya. Walaupun begitu, karena berbekal pesan ayah dan ibu angkatnya (Kevin Costner, Diane Lane) di Bumi, Clark berusaha menjaga rahasia kekuatannya tersebut dengan berpindah-pindah tempat tinggal serta memalsukan identitas di mana pun ia berada.

Man-of-Steel-Official-Trailer-3-[HD].mp4_snapshot_02.36_[2013.06.14_05.29.53]

Namun rahasia tersebut rupanya tak berlangsung lama. Seorang jurnalis wanita bernama Lois Lane (Amy Adams) menyelidiki dan mengejar identitas sesungguhnya dari “sang penyelamat” tersebut. Tak lama ketika Lois melakukan penyelidikannya, terdapat pesan ancaman dari Jendral Zod dan pasukannya kepada masyarakat di Bumi. Zod mengancam masyarakat Bumi untuk menyerahkan Kal-El dalam waktu 24 jam atau keselamatan mereka takkan terjamin.

Man-of-Steel-Official-Nokia-Trailer-(2013)-Superman-Movie-HD.mp4_snapshot_01.01_[2013.06.14_05.38.03]

Apakah Clark mampu untuk menyembunyikan identitasnya dari Lois? Atau apakah ia justru berniat untuk mengungkapkan jati dirinya kepada masyarakat Bumi dan menyerahkan diri kepada Jendral Zod demi menyelamatkan umat manusia? Semuanya terungkap di dalam film Man of Steel ini!

Pendalaman Karakter yang Kuat, Menyentuh dan Emosional

Man-of-Steel-Official-Nokia-Trailer-(2013)-Superman-Movie-HD.mp4_snapshot_01.26_[2013.06.14_05.49.38]

Manusiawi dan lebih emosional, itulah yang ditonjolkan dalam film reboot Superman ini. Kisah yang disuguhkan sepanjang film Man of Steel ini mampu memberikan gambaran lengkap serta mendalami karakter seorang Clark Kent. Penonton diajak untuk lebih mengenal sekaligus mengerti perasaan sang Superman lebih dalam. Berbagai dialog yang ditampilkan, didukung dengan alunan musik karya Hans Zimmer, membuat berbagai adegan emosional menjadi lebih realistis dan dapat menyentuh hati para penontonnya.

Tak hanya memberikan pendalaman karakter Superman, aksi yang ditampilkannya pada Man of Steel ini pun mampu memperlihatkan totalitas kekuatan seorang manusia super yang sesungguhnya.  Beragam adegan aksi Superman serta baku hantam di Kota Metropolis terlihat epik dengan bantuan visual effect yang dapat memanjakan mata. Tentu saja, aksi yang dilakukan oleh Superman dalam Man of Steel ini pun akhirnya mampu memperlihatkan sekaligus membuka mata penontonnya akan betapa kuatnya sang superhero tersebut.

Man-of-Steel-Official-Nokia-Trailer-(2013)-Superman-Movie-HD.mp4_snapshot_01.27_[2013.06.14_05.44.18]

Jika Anda familiar dengan beragam film garapan Nolan, maka Anda pun akan merasakan hal yang serupa pada Man of Steel. Nuansa baru dari film reboot ini terkesan lebih “gelap”, dengan mayoritas adegan yang ada sepanjang film akan terkesan sangat serius serta minim akan gurauan. Selain itu, karena fokusnya terhadap cerita dan penggarapan karakter utamanya, Man of Steel kurang mampu menawarkan pendalaman karakter-karakter lainnya. Imbas dari kurangnya kedalaman karakter lain pun berpengaruh kepada kejelasan hubungan antar karakter, di mana aspek ini merupakan salah satu yang seharusnya bisa dibangun lebih baik lagi.

Man-of-Steel-Official-Nokia-Trailer-(2013)-Superman-Movie-HD.mp4_snapshot_00.23_[2013.06.14_05.37.04]

Walaupun masih terdapat aspek-aspek yang sesungguhnya bisa digarap menjadi lebih baik lagi, film Man of Steel ini masih mampu membuktikan diri bahwa film reboot tidak selamanya akan menjadi lebih jelek dari pendahulunya. Nuansa baru serta penggarapan dari sisi yang lebih manusiawi dalam film ini mampu menjadikan Man of Steel sebagai film reboot Superman yang patut untuk menjadi salah satu tontonan aksi superhero wajib di tahun ini.

Man-of-Steel-Official-Nokia-Trailer-(2013)-Superman-Movie-HD.mp4_snapshot_01.48_[2013.06.14_05.39.03]

Tanggal Rilis:

13 Juni 2013 (Indonesia)

Genre:

Action

Durasi:

143 menit

Sutradara:

Zack Snyder

Pemain:

Henry Cavill, Amy Adams, Michael Shannon, Diane Lane, Kevin Costner, Laurence Fishburne, Antje Traue, Ayelet Zurer, Russell Crowe

Studio:

Warner Bros Pictures

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…