in: Notebook / Laptop | June 10, 2013 | by: Bimanto

Review Notebook MSI GT70: Kinerja Monster dengan Fitur Berlimpah

MSIGT70_2

 

 

Setelah menunggu untuk beberapa hari, akhirnya notebook gaming MSI Gt70 seperti yang dijanjikan, datang juga ke lab pengujian JagatReview. Bisa dikatakan bahwa notebook ini sangat istimewa karena datangnya seminggu sebelum Intel mengijinkan kami untuk membuka tabir kinerja dari prosesor Intel 4th generation-nya, Haswell. Masih di dalam NDA (non-disclosure agreement), kami mulai melakukan beberapa pengujian pada prosesor Haswell yang bisa Anda baca pada artikel “Intel Core i 4th Generation Haswell untuk Mobile”. Setelah kami menghadirkan kinerja CPU yang digunakan pada notebook MSI GT70 ini, kali ini kami akan melakukan review terhadap notebook ini, sehingga Anda dapat melihat sendiri lebih dekat mengenai notebook gaming ini.

MSI GT70, datang dengan ukuran yang cukup “bongsor” dikarenakan menggunakan layar berukuran 17.3″ dengan finishing matte yang menggunakan resolusi Full HD, 1920×1080. Seluruh casing dari notebook MSI GT70 ini dilebur dengan warna hitam doff dengan perpaduan berbagai bahan seperti alumunium, plastik dan akrilik yang membuat tampilan notebook ini memiliki kesan menawan dan solid. Pada bagian penutup layar LCD, MSI menggunakan bahan alumunium dengan pinggiran plastik berwarna doff dengan tulisan MSI yang akan menyala bila Anda menggunakan notebook ini.

 

 

MSIGT70_3

 

 

Keseluruhan notebook ini mempunyai dimensi 428 mm x 288 mm dengan ketebalan 55 mm dan berat yang hampir mencapai 4 kg. Untuk sebuah notebook, MSI GT70 memiliki ukuran cukup besar serta bobot yang cukup berat, sehingga membuat Anda akan berpikir berkali-kali untuk selalu membawanya kemana pun Anda bepergian. Belum lagi ditambah dengan charger adaptornya yang mempunyai berat sampai dengan 725 gram. Akan tetapi, MSI GT70 tetap saja akan menjadi teman yang menyenangkan untuk para gamer yang selalu menghadiri LAN party atau sekedar bermain game bersama-sama di satu tempat, dibandingkan mereka harus membawa satu set PC.

Sebelum kita beranjak melihat kelengkapan yang diusung oleh notebok MSI GT70 ini, ada baiknya Anda melihat spesifikasi yang diusung oleh notebook tersebut di bawah ini.

Spesifikasi MSI GT70
Processor Intel Core i7 4930MX
Speed 3GHz up to 3.8Ghz Cache 8MB
Memori DDR3 16GB
Storage 3 x mSSD 120GB Super RAID-0 + Hard disk 750GB 7200RPM
Graphics Intel HD 4600 + NVIDIA GeForce GTX 780M
Layar 17.3″ 16:9 resolusi 1920×1080
Interkoneksi wifi 802.11bgn dan bluetooth V4.0
USB 2.0 2
USB 3.0 3
Display Port 1
HDMI 1
D-sub 1
Audio In/out 1
Ethernet Gigabit
Webcam HD 720P
Card reader SD/SDHC/SDXC/XD/MSPRO/MS/MMC
Optical Drive Blu-ray DVDRW
Operation System Microsoft Windows 8 Pro 64bit
Daya Baterai 7800mAh
Ukuran (mm) 428 x 288 x 55
Berat (kg) 3.97
Charger (Kg) 0.75

Notebook ini bisa dikatakan mengusung spesifikasi diluar yang Anda bisa bayangkan dan mungkin sebuah PC Destop Gaming pun tidak mengusung spesifikasi ini. MSI GT70 ini menggunakan prosesor Intel Core i7 4930MX Haswell yang mempunyai kecepatan 3 GHz dan berkat adanya Turbo Boost dapat mencapai kecepatan 3.8 GHz. Penamaan MX di belakang seri prosesor menunjukkan bahwa prosesor ini adalah seri Mobile Exteme yang kinerjanya dapat menyaingi prosesor Desktop dan sudah kami buktikan pada review Haswell mobile sebelumnya. Untuk menunjang kinerja prosesor, MSI menanamkan memori DDR3 sebesar 16GB (8GB per-SODIMM) pada 2 buah slot SODIMM dari empat slot SODIMM yang tersedia, total memori yang dapat Anda gunakan pada notebook ini adalah sebesar 32GB pada 4 slot SO-DIMM-nya.

MSI GT70 mSSD

Selain itu, untuk dapat memberikan kinerja yang tinggi, MSI memberikan 3 unit mSSD dengan kapasitas 120GB per-unitnya yang dijalankan pada konfigurasi Super RAID-0 untuk dapat memberikan read dan wride yang tinggi bagi sistem operasi Windows 8. Bila Anda merasa 120GB kurang mencukupi untuk menyimpan data, jangan takut, MSI telah menyediakan hard disk dengan kapasitas 750GB yang berjalan pada putaran 7200RPM.

Notebook kelas gaming MSI GT70 ini menggunakan graphics NVIDIA GTX780M dengan memori GDDR5 sebesar 4GB yang merupakan seri paling atas yang dibuat oleh NVIDIA untuk dapat ditanamkan di sebuah perangkat mobile. Teknologi NVIDIA Optimus tetap dapat Anda temukan pada notebook ini, sehingga bila Anda sedang tidak menjalankan aplikasi yang memerlukan kinerja grafis tinggi, maka graphics on prosesor Intel HD 4600 mengambil alih tugas tersebut, hal ini dimaksudkan untuk dapat memberikan daya tahan hidup yang lebih lama.

Kami tidak akan membahas graphics yang digunakan oleh notebook ini dalam review kali ini, kami akan menghadirkan secara terpisan nantinya bagi Anda agar dapat memberikan gambaran yang lebih baik terkait kinerja pengolah grafis tersebut.

Untuk mendinginkan CPU dan GPU, di dalam notebook ini telah tersedia 2 buah heatsink yang dilengkapi dengan heatpipe yang didinginkan oleh sebuah kipas yang dapat Anda kontrol kecepatannya dengan tombol diatas keyboard.

 

MSIGT70_4

 

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES