in: News | July 21, 2013 | by: Ozal

Bayangan Ford akan Canggihnya Teknologi Cloud di Mobil

Gymkhana THREE Ford Fiesta

Raksasa otomotif asal Amerika Serikat, Ford membayangkan betapa canggihnya teknologi cloud bila terhubung ke dalam mobil di masa depan nanti. Banyak kelebihan yang ditawarkan teknologi cloud di mobil masa depan, dari sekedar untuk navigasi, streaming video maupun sinkronisasi dengan smartphone.

“Seluruh gagasan ini ‘kendaraan terhubung’ adalah sesuatu yang akan memiliki dampak dramatis dalam hal masa depan. Di masa depan, Anda mungkin bisa pre-order kopi dari Starbucks atau secara otomatis membayar bbm di sebuah pompa bensin melalui mobil Anda,” ungkap Direktur Teknologi Ford, Vijay Sankaran dalam sebuah konferensi MobileBeat yang diadakan oleh Media IT VentureBeat.

Lebih dari itu, Ford membayangkan bahwa di masa depan, pemilik mobil mampu menghidupkan mesin mobil dari jauh hanya dengan menggunakan perangkat smartphonenya. Ini tentunya jauh lebih berkembang, ketimbang hanya dapat menyalakan atau mematikan alarm mobil dari jarak jauh.

Bahkan, sensor di dalam mobil mampu mendeteksi kondisi kesehatan pengemudi. Jika sewaktu-waktu pengemudi mengalami kondisi medis kritis, seperti kejang-kejang, maka mobil secara otomatis akan menepi ke sisi jalan dan melakukan panggilan darurat, seperti kantor kepolisian atau ambulance.

Ford

Ford memang tengah gencar dalam mengimplementasi berbagai layanan Cloud yang dikhususkan untuk mobil keluaran terbaru mereka, sepertiFord Fiesta, Mustang, Focus, E-Series, C-Max Hybrid, Expedition, Fusion, F-150 dan Super Duty.

Pada bulan Februari lalu, pihaknya merilis Sync AppLink yang memungkinkan pengemudi menghubungkan mobil Ford dengan smartphone mereka. Lalu pada bulan Mei, Ford menggandeng retail Amazon meluncurkan Aplikasi Cloud Player. Perangkat lunak itu memungkinkan penggunanya melakukan streaming file musik yang sudah dibeli dari Amazon, lalu diputar si mobil ford.

“Platform AppLink itu memungkinkan Anda terhubung dengan Pandora, Stitcher, dan aplikasi lainnya pada ponsel melalui pengenalan suara di mobil Anda,” imbuh Vijay.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES