in: News | July 4, 2013 | by: Gatot Tri Yuwono

Intel Core i Generasi 4 Resmi Diluncurkan di Indonesia

intel haswell indo launch group pose

Baru-baru ini Intel Indonesia secara resmi meluncurkan prosesor Core i generasi keempat dengan codename Haswell di Indonesia melalui sebuah perhelatan di sebuah pusat perbelanjaan di wilayah Senayan. Intel sendiri telah meluncurkan prosesor Core i generasi keempat ini sejak awal bulan Juni lalu bertepatan dengan perhelatan Computex 2013. Tidak hanya itu, beberapa model prosesor desktop dan motherboard untuk platform tersebut telah mulai dijual oleh beberapa toko di Indonesia. Bahkan lomba overclocking dengan menggunakan prosesor Haswell telah digelar dengan mengusung nama AOCT (Amateur Overclocking Tournament).

intel haswell indo launch uday marty
Mr. Uday Marty

Untuk memperlihatkan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh prosesor Core i generasi keempat, Uday Marty selaku Managing Director Intel South East Asia, membawakan presentasi di atas panggung. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh prosesor Core i generasi keempat adalah kemampuan komputasi lebih tinggi baik di sisi CPU maupun GPU dengan konsumsi daya lebih rendah. Dengan kelebihan seperti ini tidak aneh jika Intel makin serius dengan produk perangkat mobile berbasikan platform Core i generasi keempat.

intel haswell indo launch tdp
Prosesor Core i generasi empat hadir dengan nilai TDP paling rendah sebesar 6 Watt

Untuk perangkat mobile, platform Core i generasi keempat akan hadir dalam bentuk notebook klasik dan Ultrabook 2-in-1/Convertible. Ultrabook 2-in-1 akan hadir dengan fungsionalitas notebook klasik dan juga tablet dengan klaim daya tahan baterai 8-9 jam. Tidak hanya itu dengan GPU generasi baru, Ultrabook 2-in-1 tidak lagi memerlukan graphics card add-on sehingga harga dapat ditekan serendah mungkin.

intel haswell indo launch grid2 demo
Demo GRID 2

Untuk mendemokan kemampuan GPU pada prosesor Core i generasi keempat, David Tjahyadi dari Intel Indonesia menggunakan 2 buah sistem desktop. Komputer desktop pertama menggunakan HD Graphics 4000 (Core i generasi tiga) sedangkan komputer desktop kedua menggunakan HD Graphics 4600 (Core i generasi empat). Hasilnya, HD Graphics 4600 menawarkan pengalaman bermain game balap lebih nyaman dibandingkan generasi sebelumnya.

intel haswell indo launch voice command

Selain mendemokan kemampuan GPU prosesor Core i generasi empat, Intel juga mendemokan kemampuan perangkat Ultrabook. Beberapa kemampuan tersebut seperti face login, voice command dengan menggunakan aplikasi Dragon Speech Recognition, dan juga augmented reality.

intel haswell indo launch oc demo 02

intel haswell indo launch oc demo 01

Di tengah acara peluncuran prosesor Core i generasi empat juga dihadirkan sesi overclocking oleh Alva Jonathan dan Richard Sutanto dari JagatReview Overclocking Team dan juga Benny Lodewijk dari Gigabyte. Sesi overclocking ini menggunakan sistem pendingin ektrim dengan menggunakan liquid nitrogen. Sedangkan prosesor yang digunakan adalah Core i7 4770K dengan motherboard ASUS Maximus VI Extreme dan Gigabyte Z87X-OC .

Jika Anda penasaran dengan berbagai teknologi baru yang ditanamkan Intel pada platform Core i generasi empat, Anda dapat melihatnya di artikel berikut ini: Teknologi Terbaru di Balik Intel Haswell

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES