in: News | July 8, 2013 | by: Ozal

iPhone 5 jadi Smartphone Paling Dikomplain di Media Sosial

iPhone 5 merupakan smartphone yang paling banyak dikeluhkan oleh penggunanya di media sosial setelah dirilis tahun lalu. Satu dari lima posting di jejaring sosial yang diteliti, kebanyakan pengguna mengeluhkan power socket baru, tidak akuratnya Apple Map, dan betapa miripnya iPhone 5 dengan model sebelumnya.

iphone 5 1

Demikian hasil riset yang dikeluarkan oleh We Are Social (WAS). Hasil riset WAS itu berdasarkan dari informasi yang mereka himpun di Twitter, blog dan Forum terhadap empat smartphone, yakni iPhone 5 yang dirilis pada Sepetember 2012, Samsung Galaxy S4 pada Maret 2013, Blackberry Z10 pada Januari 2013, dan Nokia Lumia 920 pada September 2012.

Sebanyak 20 persen keluhan dipegang oleh Apple. Sementara Samsung Galaxy S4 menerima keluhan paling sedikit semenjak dirilis dengan porsi 11 persen. Lalu, di posisi kedua, yakni BB Z10 sebesar 18 persen, dan Lumia 920 sebesar 15 persen.

Selain itu, laporan WAS yang dikutip dari Daily Mail, juga mencatat mengenai banyaknya orang dalam mendiskusikan inovasi fitur baru terhadap empat perangkat tersebut di dunia maya. Lagi-lagi, Galaxy S4 yang paling atas dengan perolehan sebanyak 54 persen, lalu diikuti Lumia sebanyak 37 persen, iPhone 5 sebanyak 29 persen, dan terakhir Blackberry Z10 27 persen.

Kendati demikian, iPhone 5 menjadi ponsel pintar yang paling banyak dibicarakan pada hari peluncurannya dengan jumlah percakapan di jejaring sosial mencapai 1,7 juta, kemudian BlackBerry Z10 300.000, Galaxy S4 140.000 percakapan, dan Lumia 920 hanya 45.000 percakapan. Ini artinya, banyak juga orang yang penasaran terhadap berbagai fitur baru yang ditawarkan iPhone 5 ketimbang tiga pesaingnya itu. Selain itu, dari segi loyalitas merek, iPhone 5 pegang posisi terkuat dibanding ketiganya.

Hasil penelitian WES ini terhadap iPhone 5 ternyata berbanding terbalik dengan penelitian terbaru yang dilakukan oleh perusahaan pemasaran, Quality Insight di Korea Selatan, kampung halaman Samsung.

iPhone 5

Berdasarkan survei yang dilakukan Quality Insight terhadap 44.168 pengguna smartphone, mereka mengatakan, iPhone 5S dinilai sebagai smartphone terbaik. Mereka umumnya berpendapat, iPhone yang dimilikinya jarang bermasalah. Hanya 17 persen yang mengeluhkan masalah teknis sentuhan eror layar di ponsel berlambang apel tergigit itu. Malah, 31 persen keluhan ditujukan kepada Samsung Galaxy S4. Mereka mengeluhkan berbagai masalah, mulai dari pengisian baterai hingga kualitas layar.

Versi mana yang benar?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES