in: News | July 28, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Kebimbangan Apple Buat Penjualan iPhone 5 Menurun

Apple baru saja mencatat sebuah rekor yang kurang baik! Mereka baru saja mencatatkan tingkat penjualan terendah dalam 3 tahun terakhir untuk produk smartphone andalan mereka, keluarga iPhone. Angka 13.3% untuk pangsa pasar iPhone dalam kuartal 2 tahun 2013 lalu menjadi catatan terendah yang dicapai Apple dengan produk iPhone mereka dalam 3 tahun terakhir.

iphone-5-thumb

Menurut analis pasar, Strategy Analytics, menurunnya pangsa pasar iPhone ke titik terendah dalam 3 tahun terakhir tersebut banyak dipengaruhi oleh kebimbangan Apple, dimana perusahaan tersebut tampaknya masih belum yakin untuk merilis versi murah dari perangkat smartphone andalan mereka. Kebimbangan Apple tersebut pada akhirnya membuat publik ragu memilih iPhone dan mengalihkan pilihan pada produk dengan sistem operasi Android.

Analis pasar lain, IDC, juga melaporkan hal yang sama, yaitu tingkat penjualan iPhone terendah dalam 3 tahun terakhir di kuartal kedua tahun 2013 ini. Namun, mereka memiliki pendapat berbeda terkait penyebab dari catatan buruk tersebut. Menurut IDC, penyebab dari menurunnya minat masyarakat terhadap iPhone tersebut disebabkan karena Apple masih belum mengumumkan perangkat baru untuk menggantikan iPhone 5 yang ternyata kurang diminati masyarakat. Hal tersebut, ditambah gelombang serangan produk-produk flagship dari berbagai merek, akhirnya membuat iPhone 5 gagal mencatat angka penjualan tinggi di kuartal 2 tahun 2013 lalu.

Walaupun begitu, para analis masih memprediksikan kondisi yang menimpa Apple ini tidak akan berlangsung lama. Mereka akan bangkit kembali pada kuartal keempat tahun 2013 nanti bila mereka berhasil merilis produk iPhone baru yang bisa menarik hati para pecinta gadget di waktu standar peluncuran produk smartphone baru mereka yang biasanya jatuh pada bulan September.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES