in: News | July 24, 2013 | by: Dian Syarifuddin

MediaTek Siap Luncurkan CPU 8-core untuk Smartphone?

mediatek soc

Persaingan smartphone yang memiliki kinerja cukup tinggi pada CPU-nya, namun memiliki harga yang sangat bersaing, sudah semakin ramai. Hal tersebut, tak lepas dari peranan MediaTek selaku perusahaan penyedia chip untuk smartphone yang terus melakukan beragam inovasi pada produk CPU mobile-nya untuk digunakan diberbagai perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Belum lama ini, MediaTek memperkenalkan salah satu CPU mobile andalannya dengan seri MT6589 yang menggunakan 4 core. CPU MT6589 yang memiliki kecepatan 1,2GHz ini sudah digunakan di beberapa smartphone dan tablet dengan merek ternama berbasis Android. Kelebihan lain yang terdapat pada CPU MT6589 ini adalah tidak cepat panas.

Kali ini, MediaTek dikabarkan telah melakukan inovasi baru dengan menghadirkan prosesor yang memiliki 8 core dengan nama seri MT6592, untuk digunakan pada perangkat smartphone. CPU MT6592 ini, siap diperkenalkan pada kuartal ke empat tahun ini.

Menurut berita yang kami sadur dari Digitimes, MT6592 dirancang dengan melakukanproses pabrikasi 28nm di salah satu perusahaan semikonduktor ternama asal Taiwan, yakni TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company). MT6592 akan dibangun berbasis arsitektur ARM A7 dengan memiliki kecepatan hingga 2GHz. Namun, penggunaan 8 core pada CPU mobile ini diyakini tidak akan mengkonsumsi daya yang terlalu besar.

Sayangnya para pejabat tinggi dari MediaTek, masih enggan berkomentar seputar spekulasi kehadiran CPU MT6592 yang dilengkapi dengan 8 core. Akan tetapi, beberapa vendor handset ternama di China mengklaim bahwa mereka sudah diberitahu akan kehadiran CPU MT6592 ini dan dalam waktu dekat akan menerima sampel chip MT6592 dari MediaTek.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES