in: News | July 10, 2013 | by: Dian Syarifuddin

Nikon Siap Hadirkan Kamera Compact untuk Menyaingi Smartphone?

Makoto Kimura, Nikon President
Makoto Kimura, Nikon President

Pangsa pasar smartphone dalam tahun terakhir ini masih terus mengalami peningkatan. Beragam merek dan fitur istimewa yang tersaji pada sebuah smartphone, membuat perangkat mobilitas tersebut masih sangat populer di mata penggunanya dari berbagai kalangan. Salah satu fitur istimewa pada sebuah smartphone adalah kamera yang dapat menghasilkan kualitas gambar cukup baik.

Makoto Kimura, selaku Presiden Nikon, turut mengamati fenomena perkembangan penjualan smartphone yang terus mengalami peningkatan, terutama smartphone yang dilengkapi dengan fitur kamera yang cukup andal. Kimura berpendapat bahwa smartphone kelas mid-range dan high-end turut berperan terhadap merosotnya penjualan kamera compact di pasaran.

Saat ini, pengiriman kamera digital compact secara global mengalami penurunan cukup drastis hingga 48 persen mulai dari awal Mei tahun lalu. Untuk kamera high-end kelas SLR juga mengalami penurunan sekitar 6 persen.

Menurut data penjualan smartphone yang diperoleh Kimura, “Dalam kurun waktu tahun terakhir ini, penjualan smartphone telah meningkat secara signifikan yang mencapai hingga 750 juta unit, bahkan diprediksikan akan terus mengalami peningkatan“. “Untuk itu, kami akan melakukan segenap kemampuan kami dalam menghasilkan ide baru pada sebuah kamera yang ditujukan pada pasar yang lebih besar” tambah
Kimura.

Beberapa pengamat berpendapat bahwa Nikon sedang melakukan pengembangan untuk menghadirkan sebuah perangkat smartphone yang disertai dengan fitur kamera lebih baik. Akan tetapi, Kimura langsung membantah hal tersebut dan menyatakan kesiapan Nikon untuk menciptakan sebuah produk terbaru yang akan mengubah konsep pada sebuah kamera. Bahkan produk tersebut bisa dikatakan sebagai produk konsumen non-kamera.

Sumber: Bloomberg

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES