in: News | July 20, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Pemerintah Amerika Serikat Siap Pinjamkan Salah Satu Supercomputer Tercepat di Dunia

Vulcan, salah satu supercomputer yang termasuk dalam 10 besar dunia, akan dipinjamkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk siapa saja yang berminat. Namun, pemerintah Amerika Serikat meminta satu syarat utama untuk pihak yang berminat meminjamnya, yaitu bisa membawa kemajuan, dalam bidang apa saja, bagi negara maju tersebut.

bluegene

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat sendiri memang sudah memberikan kesempatan untuk dunia industri untuk menggunakan supercomputer tersebut untuk berbagai kebutuhan. Beberapa perusahaan terkemuka yang sudah mengambil kesempatan yang diberikan pemerintah Amerika Serikat tersebut antara lain Goodyear, Boeing, dan Siemens Energy. Sekarang, pemerintah Amerika Serikat mencoba membuka kesempatan yang lebih luas untuk para pihak yang ingin menggunakan supercomputer tersebut untuk kepentingan yang bisa memajukan Amerika Serikat.

Supercomputer Vulcan sendiri memiliki kemampuan proses sebesar 5 petaflop dan merupakan supercomputer ke 8 terkuat di dunia yang terletak di Lawrence Livermore National Lab di Livermore, California dan

Sejak kesempatan untuk menggunakan supercomputer tersebut dibuka ke publik, pihak pengelola supercomputer tersebut telah menerima permintaan yang cukup tinggi terkait peminjaman supercomputer tersebut. Walaupun begitu, pihak pengelola masih mengharapkan peningkatan permintaan penggunaan supercomputer tersebut dan memprediksikan bahwa permintaan penggunaan akan terus meningkat pada musim panas tahun 2013 ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES