Review Axioo PicoPad 4: Smartphone Android Entry Level untuk Semua Pekerjaan

Reading time:
July 17, 2013

Layar: Capacitive 4”

Untuk ukuran Entry Level, layar Axioo PicoPad 4 termasuk layar dengan spesifikasi cukup baik, yaitu dengan jenis capacitive 4” dan resolusi 800 x 480 piksel.  Tidak ada fitur khusus pada teknologi layarnya seperti pemakaian gorilla glass dan engine untuk membuat gambar pada layar menjadi lebih baik lagi. Oleh karena tidak memakai teknologi kaca anti gores, sebaiknya Anda memasang lapisan anti gores agar layar Anda tidak tergores. Dukungan multitouch sampai 5 titik akan sangat membantu saat aplikasi yang digunakan membutuhkan banyak titik yang harus disentuh. Ditambah tingkat sensitivitasnya baik, tidak ada lag yang terasa saat menjalankan game dan aplikasi bawaan sehingga tidak menggangu user experience Anda saat mengoperasikan Axioo Pico Pad 4. Anehnya, tidak ada fitur standar auto brightness pada Axioo Pico Pad 4 ini. Pengguna harus menyesuaikannya sendiri sesuai kenyamanannya. Bila dibuat sangat terang, tentu akan menguras baterai dan mengganggu di lingkungan gelap. Dan bila dibuat tidak terang akan mengganggu penglihatan saat berada di lingkungan yang terang.

Axioo Picopad 4 - brightness tanpa auto

Kamera

Spesifikasi kamera Axioo PicoPad 4 adalah 2 Megapiksel tanpa auto focus. Sangat disayangkan gadget keluaran baru tidak memiliki fitur kamera auto focus mengingat aspek kamera merupakan salah satu pertimbangan dalam membeli gadget. Kehadiran flash LED cukup membantu dalam mengambil foto saat kondisi cahaya kurang. Axioo Picopad 4 - camera display (2)

Fitur kamera yang dimiliki memang sangat standar. Anda dapat memilih mode kamera biasa ataupun panorama. Pengaturan yang disediakan pun tidak ada yang spesial untuk android keluaran baru seperti pengaturan exposure dan mode capture. Selain itu aplikasi kamera ini tidak memiliki fitur GPS Tag walaupun handset ini sudah dilengkapi dengan koneksi GPS. Tanpa auto focus Anda tentu dituntut mengeluarkan usaha lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang baik saat mengambil foto. Berikut ini contoh hasil fotonya.

Hasil Kamera Utama
Hasil Kamera Utama

Axioo PicoPad 4 juga telah memiliki kamera bagian depan. Pada spesifikasi, tertulis bahwa resolusi kamera depan adalah VGA atau 640 x 480 piksel; tidak besar memang, namun cukup untuk digunakan pada video call. Ternyata begitu kami coba mengambil gambar, hasilnya adalah gambar beresolusi 2 megapiksel dengan hasil yang blur. Sepertinya ada sedikit bug software di Axioo Pico Pad 4 ini, front camera secara hardware hanya mampu mengambil gambar resolusi VGA namun “dipaksa” mengikuti proses digital yang sama dengan rear camera sehingga menghasilkan gambar resolusi 2 megapiksel.

Hasil Kamera Depan
Hasil Kamera Depan

Kemampuan Multimedia

Music player bawaan Axioo Pico Pad 4 cukup baik dari segi feature. Anda dapat memilih urutan play, sound effect, dan menggunakan file music kesukaan Anda sebagai ringtone. Smartphone ini pun juga mampu memainkan format-format yang umum dimainkan seperti MP3, MP4, dan OGG.

Axioo Picopad 4 - music player album

Jika suara “natural” kurang cocok, Anda dapat mengaktifkan equalizer sesuai karakteristik dan genre lagu yang didengar. Efek bass boost dan 3D hanya dapat diaktifkan saat mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Kualitas earphone-nya sendiri cukup baik. Suara melalui loud speaker menghasilkan bunyi yang keras dan tidak pecah namun agak sedikit menusuk jika volume dipasang paling tinggi. Kami tidak merasakan perbedaan suara yang dihasilkan saat mengaktifkan atau menonaktifkan equalizer saat memainkan musik menggunakan loud speaker.

Axioo Picopad 4 - music player equalizer 1

Kemampuan video player-nya cukup baik dengan mendukung sampai resolusi HD 720p. Anda dapat menikmati secara langsung koleksi video HD 720p melalui Axioo PicoPad 4. Kami mencoba memasukkan video Full HD 1080p namun video player tidak memunculkannya dalam daftar video. Sepertinya video player otomatis hanya menampilkan video yang didukung Axioo PicoPad 4.

Axioo Picopad 4 - video player display 1

Jika bosan dengan koleksi musik, Anda dapat mencari hiburan melalui FM Radio pada Axioo Pico Pad 4. Tentunya, Anda harus memasang earphone untuk ini karena akan berfungsi pula sebagai antenna.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…