in: Input Devices | July 3, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Review Genius Ring Pointer: Ringkas dan Nyaman untuk Mendukung Presentasi Anda

Ada kalanya ketika kita sedang melakukan presentasi, kita harus berdiri di posisi yang jauh dari komputer yang kita gunakan. Hal itu tentu saja bisa membuat kita kesulitan, terutama ketika ingin mengganti slide presentasi. Di saat seperti ini, kita membutuhkan bantuan dari perangkat wireless presenter.

Genius, salah satu produsen perangkat input device yang namanya cukup dikenal di dunia, memperkenalkan produk wireless presenter mereka yang memiliki bentuk menyerupai cincin. Produk tersebut adalah Ring Pointer. Produk tersebut sempat hadir di kantor Jagat Review beberapa waktu lalu dan kami sempat mencobanya untuk melakukan beberapa presentasi internal untuk melihat kemampuannya. Bagaimana kemampuan perangkat ini dalam menemani presentasi kami?

Paket Penjualan

Sebelum membahas kemampuan perangkat wireless presenter ini, mari kita lihat terlebih dahulu paket penjualan yang menyertai perangkat ini:

IMG_3700
Unit Ring Pointer dan pouch yang terdapat di dalam paket penjualannya.
Buku manual penggunaan.
Buku manual penggunaan.
Kabel USB to Micro USB yang digunakan untuk mengisi baterai perangkat.
Kabel USB to Micro USB yang digunakan untuk mengisi baterai perangkat.

Genius Ring Pointer

Sesuai dengan namanya, Ring Pointer memiliki bentuk yang menyerupai sebuah cincin. Terdapat 5 tombol yang bisa digunakan pengguna untuk mengoperasikan presentasinya, yaitu: blank page (tombol tengah), previous page (tombol kiri), next page (tombol kanan), play/stop untuk presentasi (tombol atas), dan tombol untuk mengaktifkan pointer (tombol bawah).

IMG_3688

Di sisi belakang dari kepala cincin, terdapat tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan unit USB wireless receiver. Sedangkan, di sisi depan kepala cincin terdapat port micro USB yang digunakan untuk mengisi daya perangkat.

Wireless receiver ketika terpasang di perangkat Ring Pointer.
Wireless receiver ketika terpasang di perangkat Ring Pointer.
Ring Pointer dengan kabel USB terpasang.
Ring Pointer dengan kabel USB terpasang.

Penggunaan

Kami mencoba menggunakan Ring Pointer dalam beberapa sesi presentasi singkat untuk tim internal kami. Hasilnya, selama penggunaan Ring Pointer untuk kebutuhan presentasi tersebut, kami tidak menemukan kendala apapun. Berdasarkan pengalaman kami, Ring Pointer ini bisa dioperasikan dengan mudah hanya dengan mempelajari cara penggunaannya dalam waktu singkat.

Fitur yang dimiliki oleh perangkat ini memang benar-benar dioptimalkan untuk kebutuhan membawakan presentasi saja. Oleh karena itu, Anda tidak akan menemui fungsi-fungsi lain yang diusung oleh perangkat ini selain fungsi untuk membawakan presentasi, yang terlihat jelas dari fungsi 5 tombol yang ada padanya.

IMG_3717

Adanya laser pointer terintegrasi pada Ring Pointer membuat perangkat yang satu ini akan memudahkan Anda dalan melakukan presentasi, terutama bila Anda butuh banyak menunjuk langsung hal-hal yang ada di presentasi dengan menggunakan pointer. Laser pointer ini juga membuat perangkat yang satu ini bia dikatakan cocok sekali mengusung nama yang diberikan Genius padanya, Ring Pointer.

Secara umum, Ring Pointer merupakan perangkat yang ringkas, mudah dioperasikan, dan nyaman digunakan untuk berbagai kebutuhan presentasi. Satu hal yang patut disayangkan, Genius hanya memberikan kabel pengisi daya beukuran pendek, yang tentu saja sedikit menyulitkan pengguna ketika butuh membawakan presentasi sambil mengisi ulang daya perangkat, misalnya dengan menggunakan power bank yang diletakkan di saku.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES