Review Logitech t650: Touchpad Wireless dengan Dukungan Input Gesture

Reading time:
July 11, 2013

Touchpad selama ini menjadi input utama di kebanyakan perangkat mobile berjenis laptop yang ada di pasaran. Walaupun begitu, banyak yang menganggap input dengan touchpad di laptop masih kalah nyaman dibandingkan bila kita menggunakan perangkat input tambahan lain, yaitu mouse. Namun, saat ini, seiring dengan makin dibutuhkannya perangkat input yang dapat menerima input gesture, yang banyak berguna di sistem operasi modern, seperti Windows 8, perangkat touchpad ini mulai dilirik karena harganya yang pasti jauh lebih murah bila dibandingkan dengan input lain yang juga mendukung gesture, yaitu touchscreen.

Tampaknya, karena alasan itulah, Logitech, perusahaan yang selama ini dikenal sebagai produsen berbagai jenis perangkat input terkemuka, mengeluarkan produk mereka yang satu ini: t650 Wireless Rechargable Touchpad. Perangkat ini dilengkapi dengan kemampuan untuk menerima input gesture gerakan jari yang dapat mempermudah penggunanya untuk melakukan berbagai operasi dasar di sistem operasi modern.

IMG_5191_R

Beberapa waktu lalu, touchpad dari Logitech tersebut sempat hadir di kantor Jagat Review. Tentu saja, kami langsung mencoba perangkat input tersebut untuk mendapatkan gambaran bagaimana kemampuan touchpad tersebut dalam mengakomodasi kebutuhan sehari-hari penggunanya. Berikut ini ulasan kami terkait perangkat tersebut!

Paket Penjualan

Sebelum membahas kemampuan apa saja yang diusung oleh t650 Wireless Rechargable Touchpad, mari kita bahas terlebih dahulu kemasan dan paket penjualan yang disertakan Logitech untuk perangkat tersebut.

IMG_5194_R
IMG_5215_R
Buku manual, kabel USB to Micro USB yang digunakan untuk mengisi daya, dan Unifying receiver yang disertakan di paket penjualan t650.

Logitech t650 Wireless Rechargable Touchpad

IMG_5216_R

Touchpad yang satu ini memiliki ukuran yang lebih luas dibandingkan dengan touchpad yang ada di perangkat laptop. Hal itu tentu saja akan menambah kenyamanan penggunaan perangkat ini untuk bernavigasi di desktop komputer.

Dua kaki di sisi bawah perangkat ini merupakan tombol pemicu klik.
Dua kaki di sisi bawah perangkat ini merupakan tombol pemicu klik.

Fungsi klik kiri dan kanan yang ada di touchpad ini menggunakan mekanisme yang berbeda dengan touchpad pada laptop. Di t650, klik kiri dan kanan dijalankan dengan bantuan kaki-kaki perangkat yang berada di bagian depan. Kaki-kaki karet ini berfungsi layaknya sebuah tombol yang menggantikan fungsi tombol klik kiri. Sedangkan untuk klik kanan, harus dilakukan dengan memposisikan jari di lokasi tertentu di permukaan touchpad dan mengaktifkan tombol yang ada di kaki-kaki bagian depan tersebut.

IMG_5198_R
Port Micro USB untuk mengisi daya perangkat.
Switch power dan lampu indikator operasi perangkat.
Switch power dan lampu indikator operasi.

Sesuai dengan nama yang diusungnya, perangkat ini memiliki unit baterai terintegrasi yang memungkinkannya untuk dioperasikan secara wireless. Untuk menghubungkan perangkat tersebut ke komputer, Logitech tetap mengandalkan sebuah Unifying receiver  yang sama seperti yang digunakan di perangkat-perangkat input wireless mereka yang lain. Sedangkan untuk mengisi daya baterai yang ada di dalamnya, Logitech menyediakan sebuah port micro USB. Sayangnya, port micro USB ini hanya bisa digunakan untuk melakukan pengisian daya saja.

Penggunaan

IMG_5220_R

Secara umum, tidak ada perbedaan fungsi antara t650 dengan touchpad pada umumnya. Anda bisa menggunakan touchpad ini untuk menggerakkan kursor dan juga melakukan klik kiri, kanan, dan berbagai fungsi lain melalui gesture. Untuk klik kiri, seperti yang telah dibahas sebelumnya, Anda harus benar-benar menekan touchpad untuk mengaktifkan tombol yang ada di kaki-kaki bagian depan perangkat.

Sedangkan untuk klik kanan, mungkin Anda harus sedikit membiasakan diri karena Anda harus menekan touchpad sembari meletakkan jari Anda di zona yang tepat untuk mengaktifkan fungsi ini. Berdasarkan pengalaman kami, dibutuhkan beberapa waktu untuk mencoba perangkat ini sebelum kami bisa melakukan klik kanan dengan benar dan lancar di t650.

Posisi jari untuk melakukan klik kanan.
Posisi jari untuk melakukan klik kanan.

t650 Wireless Rechargable Touchpad mendukung penggunaan beberapa gesture untuk mempermudah pengguna melakukan beberapa operasi dasar, termasuk juga gesture standar yang ada di Windows 8. Terdapat berbagai gesture yang didukung oleh perangkat dan langsung dapat dikenali oleh sistem operasi Windows 7 dan Windows 8, bahkan tanpa menginstall driver ataupun aplikasi yang disediakan Logitech. Gesture-gesture tersebut dilakukan dengan satu hingga empat jari.

IMG_5209_R

Bila Anda membutuhkan informasi terkait gesture-gesture tersebut, Anda bisa melihatnya di halaman berikut ini:

Untuk pengoperasian perangkat, Anda wajib menggunakan unit Unifying receinver untuk menghubungkan perangkat ini ke komputer. Bila Anda juga butuh mengisi ulang daya baterai dalam perangkat ini dengan menggunakan komputer, mau tidak mau Anda harus menggunakan 2 port USB, satu untuk Unifying receiver dan satu lagi untuk kabel USB pengisi daya perangkat.

Secara keseluruhan, touchpad t650 dari Logitech ini mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang cukup memuaskan, baik ketika digunakan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari maupun menjelajahi Internet. Berbagai fungsi gesture yang disediakan cukup membantu untuk melakukan berbagai hal. Gesture-gesture tersebut juga mudah dipelajari dan ketika Anda sudah menguasainya, Anda bisa memanfaatkannya untuk mempermudah navigasi Anda di desktop.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…