in: News | July 29, 2013 | by: Ozal

Web Berbasis WordPress Melonjak Pesat

wordpress 2

Berbagai website maupun blog di seluruh dunia berbasis WordPress kian tumbuh pesat pada pertengahan tahun ini. Petinggi WordPress mengatakan, telah terjadi pertumbuhan hampir 19 persen.

“Sampai sekarang, web yang menjalankan WordPress telah tumbuh hingga 18,9 persen,” ungkap pendiri WordPress, Matt Mullenweg dalam sebuah acara tahunan WordCamp di San Francisco, dilansir VentureBeat.

Ia mengungkapkan, ada sekitar 66 persen berbagai website dan blog berbahasa Inggris yang telah menggunakan WordPress. Lalu secara global, selama 10 tahun WordPress berdiri, ada sekitar 66 juta website yang telah menggunakan platform-nya. Bahkan, pageview semua situs berbasis WordPress ikut meningkat tajam dalam waktu lima terakhir. Dari awalnya sebesar 180 juta pada 2007, kini telah mencapai empat miliar pageview.

wordpress 4
“Kita melihat jumlah orang yang menggunakan WordPress sebagai bagian dari kebiasaan sehari-sehari mereka telah tumbuh dengan pesat,” kata Mullenweg yang juga menyebutkan, berbagai website high-profile, seperti TechCrunch, CNN, dan GigaOM turut menggunakan platform ciptaannya.

Dalam acara itu, Mullenweg juga mengumumkan hasil surveinya terhadap 30 ribu orang yang mengakses WordPress. Dari hasil temuannya itu, sebanyak 31 persen pengguna menggunakan platform WordPress di perangkat iOs, lalu 48 persennya di perangkat Android (tablet+smarphone), dan 12 persen melalui PC desktop atau Laptop. Selain itu, terdapat peningkatan hingga tiga kali lipat jumlah pendaftaran WordPress melalu perangkat selular.

Penyedia hosting untuk situs WordPress, WP Engine juga melakukan penelitiannya sendiri. Mereka menyurvei seberapa banyak orang yang pernah mendengar tentang WordPress. Hasilnya, hampir 30 persen dari mereka memandang WordPress sebagai suatu entitas atau brand. Pada Mei lalu, induk perusahaannya, Outomattic juga berhasil mengumpulkan pendanaan hingga US$ 50 juta guna mengembangkan WordPress.

Sumber: Venturebeat

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES