in: News | August 5, 2013 | by: Ozal

10 Akuisisi Tebesar Yahoo Kurun Waktu 14 Tahun

5. Right Media

Yahoo Right Media

Startup yang didirikan Michael Walrath, Noah, dan Jonah Googhart ini dibeli Yahoo sebesar US$ 680 juta pada 2007. Right Media mengembangkan layanan yang memungkinkan pengiklan, penerbit, maupun jaringan iklan dapat bertransaksi di media digital. Teknologi itu yang kemudian diterapkan Yahoo guna mendatangkan pundi-pundi miliaran dolar dari bisnis iklannya.

4. Tumblr

yahoo tumblr

Mendengar namanya, hampir seluruh penghuni dunia maya tahu keberadaan micro blogging yang satu ini. Yahoo mengakuisisi Tumblr dengan nilai fantastis mencapai US$ 1,1 miliar pada Mei lalu. Itu merupakan nilai akuisisi terbesar bagi Yahoo setelah dikemudikan oleh si cantik Marissa Mayer.

3. Overture

Yahoo To Buy Overture Services For $1.6B

Di awal 2003-an, Yahoo melihat bagaimana kesuksesan Google maraih pendapatan iklan melalui mesin pencarinya. Merasa tidak ingin Google memonopoli pangsa pasarnya, Yahoo pun mengakuisisi Overture senilai US$ 1,63 miliar pada 2003. Layanan Overture dintegrasikan ke mesin pencari Yahoo dan menjadi bagian dari Yahoo Marketing Solutions.

2. GeoCities

Yahoo Geocites

Yahoo mencaplok GeoCities pada 1999 dengan nilai akuisisi sebesar US$ 3,6 miliar. GeCities merupakan salah satu penyedia layanan host website gratis pertama dan terbanyak ketiga yang sering dikunjungi pada awal 2000-an. Sayangnya, perusahaan yangdidirikan David Bohnett dan John Rezner pada 1994 itu, ditutup Yahoo pada 2009 karena eksistensinya perlahan memudar. Walau ditutup, GeoCities dikabarkan masih hidup di Jepang.

1. Broadcast.com

Mark Cuban - Dallas Mavericks Owner

Inilah nilai akuisisi terbesar dalam sejarah Yahoo hingga kini, semenjak didirikan Jerry Yang dan David Filo pada 1994 silam. Yahoo membeli layanan video streaming Broadcast.com senilai US$ 5,7 miliar pada 1999. Itu tahun yang sama saat Yahoo mencaplok GeoCities. Angka tersebut merupakan nilai akuisisi yang cukup terbesar di zamannya. Terlebih, setelah ekonomi dunia diterpa krisis besar-besaran pada akhir abad 20. Hal ini pun turut membuat pendiri Broadcast.com sekaligus pemilik club NBA Dallas Mavericks, Mark Cuban jadi makin kaya. Layanan GeoCities di kemudian hari, diintegrasikan ke layanan Yahoo Launchcast untuk musik dan Yahoo Platinum untuk video. Namun sayang, hanya Yahoo Launchcast yang masih ada hingga sekarang. Sementara Yahoo Platinum, telah dilenyapkan oleh Yahoo.

Tampaknya, sudah jadi ciri khas yang terdogma bagi Yahoo “buang yang lama, lalu beli yang baru”. Apakah mungkin, itu strategi bisnis yang nantinya juga bakal diterapkan Mayer? Hingga kini, Yahoo di bawah komandonya selama setahun, telah mengakuisisi 21 perusahaan.

Yahoo disarankan banyak pihak, menambahkan developer and entrepreneur cerdas ke dalam staf di perusahaan yang telah dibelinya. Dengan begitu diharapkan, berbagai layanan yang telah dibelinya dengan uang jutaan bahkan hingga miliaran dolar tidak terbuang sia-sia.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES