10 Antivirus Gratis Untuk Keamanan PC Anda

Reading time:
August 13, 2013

Comodo Antivirus

comodo

Comodo Antivirus merupakan salah satu alternatif antivirus gratis dengan performa yang cukup baik dalam menghalau serangan malware PC. Walau versi gratisnya memiliki beberapa performa yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi berbayar, tetapi Comodo Antivirus versi gratisnya masih mampu untuk melakukan pemindaian yang cukup teliti.

Comodo Antivirus mampu untuk melakukan scanning secara menyeluruh ke dalam isi PC Anda untuk menemukan malware yang terdeteksi. Dengan scanning yang cukup teliti ini, maka performanya untuk dapat mendeteksi malware tergolong cukup baik dan kuat. Gratis dengan performa yang baik dalam melindungi PC, Comodo Antivirus bisa menjadi salah satu alternatif lain sebagai proteksi PC Anda.

Antivirus ini dapat Anda download versi gratisnya melalui halaman berikut: Comodo Antivirus

Malwarebytes Anti-Malware Free

malwarebytes

Malwarebytes merupakan salah satu antivirus populer yang kuat dan mampu melindungi PC dari resiko malware atau virus dengan optimal. Instalasinya mudah dan cepat serta memiliki tampilan yang cukup ramah terhadap penggunanya. Walau versi gratis, Malwarebytes masih mampu untuk melakukan penghapusan malware secara menyeluruh.

Malwarebytes versi gratis mampu melakukan scanning secara menyeluruh dengan hasil yang baik, yaitu mendeteksi dan menghapus malware pada PC. Yang menjadi kekurangan dalam versi gratisnya adalah antivirus ini belum bisa melakukan real-time protection seperti antivirus lainnya. Namun jika Anda adalah orang yang sering melakukan scanning virus terhadap PC, rasanya antivirus yang satu ini cukup untuk menjadi pelindung PC Anda.

Malwarebytes bisa di-download pada situs resminya di sini: Malwarebytes Anti-Malware Free

Microsoft Security Essentials

microsoft security essentials

Berbeda dengan antivirus lainnya, Microsoft Security Essentials tidak mengumumkan secara besar-besaran terhadap update terbaru dari program antivirus yang mereka miliki ini. Sehingga tak jarang orang lain hampir tidak mengenal antivirus yang satu ini. Menyandang nama Microsoft dan tergolong antivirus yang masih baru, antivirus ini bisa dikatakan sebagai salah satu antivirus gratis yang cukup baik sebagai alternatif program antivirus untuk melindungi PC Anda.

Microsoft Security Essentials memiliki instalasi yang mudah dengan tampilan yang ramah untuk pengguna awam sekalipun, sehingga pengoperasian program antivirus ini cukup mudah untuk dilakukan. Program antivirus besutan Microsoft ini memiliki kinerja yang cukup baik dalam melindungi PC dari malware dan mampu melakukan update secara otomatis. Program ini akan memberitahukan apakah PC Anda telah terlindungi dengan baik melalui icon yang terdapat di sebelah tampilan jam pada PC Anda, dengan merah artinya terdapat resiko dan hijau artinya terlindungi dengan baik.

Microsoft Security Essentials dapat Anda download lewat halaman berikut ini: Microsoft Security Essentials

Panda Cloud Antivirus Free

panda cloud

Ringan dan mudah, dua kata ini merupakan kata kunci dari Panda Cloud Antivirus Free. Antivirus ini memiliki sistem yang ringan dan takkan mengganggu kinerja PC Anda menjadi lebih lambat. Walaupun gratis dan ringan, Panda Cloud mampu untuk melakukan performa dalam melindungi PC dengan cukup baik.

Hal yang membuat Panda Cloud ini menjadi salah satu antivirus yang ringan adalah, sesuai namanya, memiliki teknologi berbasis awan. Panda Cloud mampu untuk menjaga PC dari serangan malware, terutama dalam sistem teknologi awan yang saat ini sudah menjadi tren yang semakin berkembang pesat. Walau begitu, Panda Cloud masih mampu untuk mendeteksi resiko dalam PC secara menyeluruh dan bisa menjadi salah satu alternatif Anda, terutama bagi pengguna PC yang komputernya selalu terhubung dengan internet.

Panda Cloud versi gratis bisa Anda dapatkan di sini: Panda Cloud Antivirus Free

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

zonealarm

Sesuai dengan namanya, ZoneAlarm tidak hanya sekedar memberikan Anda proteksi terhadap serangan malware dan virus, tetapi juga memberikan proteksi Firewall pada PC Anda. Program antivirus yang dikembangkan oleh Check Point Software ini telah melakukan berbagai pengembangan program Firewall sejak lama. Oleh karena itu, ZoneAlarm Antivirus + Firewall ini tidak dapat dianggap remeh begitu saja.

Memiliki proteksi yang baik terhadap serangan malware dan performa kuat dalam program Firewall-nya, ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall 2013 bisa menjadi salah satu antivirus gratis yang bisa dijadikan alternatif dalam melindungi PC Anda dari beragam resiko virus atau serangan malware.

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall 2013 bisa Anda download di sini: ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

 

Selain sepuluh rekomendasi dari kami, sebenarnya masih banyak beberapa program antivirus lain yang juga menawarkan perlindungan secara gratis. Hanya saja, beberapa di antaranya tidak memiliki performa yang baik seperti yang kami sebutkan di atas ini. Antivirus gratis dengan performa baik memang tidak banyak karena pasti memiliki kekurangan dalam fitur jika dibandingkan dengan versi berbayarnya, semuanya bergantung kepada kebutuhan Anda saat ini. Selamat mencoba!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…