LOGO

10 Film Animasi Seru untuk Hiburan Keluarga selama Libur Idul Fitri

Part: 1 2

Liburan panjang menjelang Lebaran akan segera tiba! Hal apa saja yang hendak Anda rencanakan pada liburan kali ini? Sebagian dari kita mungkin ada yang berencana mudik untuk berkumpul bersama keluarga besar untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Atau mungkin ada juga sebagian dari Anda yang tidak pergi ke mana-mana dan memutuskan untuk mengisi waktu luang dengan menonton film ringan sepanjang liburan, entah menonton sendiri atau dengan orang lain?

Jika Anda memiliki rencana untuk menghabiskan waktu menonton film bersama keluarga atau anak-anak, maka kali ini kami akan membahas film animasi apa saja yang cocok untuk ditonton oleh Anda dan keluarga. Kami sengaja memilih film animasi sebagai fokus utama kali ini karena selain sebagian besar film animasi ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit dari ragam film animasi ini memberikan pesan moral positif di dalamnya dengan cara yang mudah dimengerti. Walau targetnya untuk anak-anak, beberapa film animasi yang kami rekomendasikan ini pun rupanya cocok untuk ditonton oleh orang dewasa sekalipun. Film apa sajakah yang masuk dalam 10 film animasi seru untuk hiburan keluarga di saat libur Lebaran ini?

 

10. Finding Nemo

widescreen-christmas-finding-nemo-shark-hd-338253

Jika kita berbicara mengenai film animasi 3D yang memiliki tema keluarga, film ini pastinya akan menjadi salah satu judul yang terlintas di benak Anda. Film Finding Nemo karya Disney Pixar yang dirilis tahun 2003 ini mengisahkan perjuangan seekor Clown Fish bernama Marlin untuk menemukan anaknya, Nemo, yang tertangkap oleh seorang penyelam. Perjalanan Marlin yang ditemani oleh seekor ikan lain bernama Dory dipenuhi beragam rintangan dan keseruan pun dimulai!

Konsep dari kisah Finding Nemo ini sangat sederhana, yaitu perjuangan seorang ayah untuk menempuh jarak ribuan mil hanya untuk bisa menemukan anaknya. Namun film ini kembali mengingatkan kepada para penontonnya mengenai besarnya kasih sayang seorang ayah (orang tua) kepada anaknya hingga mereka rela berkorban demi anak-anaknya yang tercinta. Kisah sederhana inilah yang kemudian dapat diajarkan kepada anak-anak Anda untuk saling menyayangi keluarga satu dengan yang lain. Cerita kocak tetapi mengharukan ini kami anggap pantas untuk menjadi salah satu film animasi 3D pilihan untuk dinikmati bersama si kecil.

 

9. The Incredibles

IncrediblesWallpaper1024

Kami cukup yakin kalau tema pahlawan berkekuatan super yang memberantas kejahatan merupakan tema yang sudah akrab bagi kita semua sejak kecil. Namun bagaimana dengan kisah pahlawan super yang memberantas kejahatan bersama dengan istri dan anak-anaknya? Tema ini pastinya sangat unik jika dibandingkan dengan tema film superhero lainnya.  Keunikan inilah yang diambil dalam film The Incredibles produksi Disney Pixar pada tahun 2004 lalu.

The Incredibles mengisahkan Bob Parr  yang dikenal sebagai pahlawan bernama Mr. Incredibles yang berusaha hidup normal selayaknya manusia biasa bersama dengan istri dan anak-anaknya setelah pensiun menjadi seorang pahlawan. Hal tersebut rupanya tak berlangsung lama ketika ia mendapat panggilan misi rahasia untuk menghentikan kejahatan yang disebabkan oleh Syndrome. Tanpa pikir panjang, Bob pun kembali beraksi sebagai pahlawan super lagi. Akan tetapi ia tak sendirian, rupanya sang istri dan anak-anaknya pun turut membantu kepala keluarga Incredibles tersebut dan pastinya akan menyajikan sebuah aksi superhero yang seru!

Menginginkan film animasi penuh aksi kehebatan superhero? Pastinya judul film animasi yang satu ini tak boleh Anda lewatkan. Selain menyajikan tema tentang pahlawan super, The Incredibles juga memberikan gambaran nyata sekaligus jenaka bagaimana para pahlawan berkekuatan super dipandang sebagai salah satu objek yang dapat merusak karena kekuatan mereka tersebut dan berakhir dengan hidup sebagai manusia biasa. Film karya Disney Pixar ini pun juga menyuguhkan tentang bagaimana pentingnya sebuah keluarga untuk saling membantu satu dengan yang lain, membuat hal yang mustahil menjadi mungkin untuk dilakukan. Tema keluarga superhero berkisah ringan yang kocak disertai dengan aksi kehebatan mereka yang seru membuat The Incredibles pantas untuk masuk dalam jajaran sepuluh besar film animasi untuk hiburan keluarga Anda.

 

8. Cars

cars_movie_review-wide

Menyukai mobil beserta balapannya? Film animasi dari Pixar yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk Anda dan anak-anak di rumah. Cars yang ditayangkan resmi pada tahun 2006 ini merupakan film kedua Pixar di mana semua tokoh yang ada di dalamnya bukanlah manusia. Film Cars ini juga merupakan film independen Pixar terakhir sebelum studio ini dibeli oleh Disney.

Sesuai dengan judulnya, Cars berkisah tentang sebuah mobil balap terkenal bernama Lightning McQueen yang sangat mengutamakan kecepatan dan piala kemenangan dari sebuah lomba balap mobil. Pandangan hidupnya berubah semenjak ia tersesat ke sebuah kota kecil bernama Radiator Springs dan memulai kerja bakti untuk ganti rugi yang telah ia sebabkan terhadap jalanan kota tersebut. Berkenalan dengan penduduk kota beserta melihat keindahan yang masih terdapat di Radiator Springs tersebut, McQueen pun mulai menyadari apa yang lebih penting dari sekedar tropi juara balap mobil bergengsi.

Film Cars ini merupakan sebuah “surat cinta” untuk masa kejayaan jalanan Amerika di waktu lampau, di mana kebanyakan keluarga berlibur bersama sembari menyusuri jalanan dengan penuh pemandangan di kanan kirinya. Hal yang serupa pun ditemukan di Tanah Air kita sendiri, terutama ketika kita berlibur lewat jalan darat dan masih bisa melihat hijaunya pemandangan sawah maupun pegunungan yang belum ternodai. Selain memiliki aspek sederhana yang bermakna banyak tersebut, Cars juga memiliki nilai moral di mana masih terdapat hal-hal yang perlu kita hargai dari pada sekedar mementingkan diri sendiri. Dengan tema dan jalan cerita tersebut, Cars masuk ke dalam kandidat film animasi 3D terbaik yang cocok ditonton oleh keluarga Anda.

 

7. How To Train Your Dragon

How-to-train-your-dragon

Film dengan tema fantasi umumnya sering melibatkan makhluk yang satu ini: naga. Dan fokus inilah yang menjadi fokus utama dari film How To Train Your Dragon, sesuai dengan judulnya. Film karya DreamWorks yang ditayangkan perdana pada tahun 2010 ini merupakan adaptasi dari sebuah buku fiksi untuk anak-anak berjudul sama karangan Cressida Cowell.

Mengambil seting Viking di zaman dulu, hiduplah seorang remaja yang bernama Hiccup. Berbeda dengan anak-anak Viking lainnya, Hiccup tidak memiliki kelebihan secara fisik dan selalu disuruh mundur ketika desanya diserang oleh kumpulan naga. Suatu malam, Hiccup menciptakan sebuah peluru lontar yang berhasil mengenai seekor naga. Penasaran dengan hasil tembakannya, ia pun menyusuri hutan dan berhasil menemukan naga yang tertembak itu. Alih-alih membunuhnya sesuai dengan tradisi desa, Hiccup membebaskannya dan mencoba untuk berteman dengan naga yang ia sebut Toothless kemudian. Pada akhirnya, pertemanan keduanya pun berlanjut hingga ke misteri pulau tempat para naga yang selalu menyerang desanya itu berkumpul. Apakah gerangan yang membuat para naga itu harus menyerang desa Hiccup?

How To Train Your Dragon tidak hanya sekedar menyajikan petualangan seorang anak dengan seekor naga, tetapi juga mengandung nilai moral yang tinggi. Film ini turut memberikan gambaran mengenai bagaimana seorang yang menurut masyarakat memiliki banyak kekurangan, justru mampu menjadi seorang yang berani menghadapi beragam rintangan dan tetap pantang menyerah. Perkembangan cerita dengan penyampaian karakterisasi yang juga menarik ini membuat How To Train Your Dragon cocok untuk menjadi sajian hiburan anak-anak Anda.

 

6. Bolt

bolt11

Superhero dalam rupa manusia? Sudah biasa. Bagaimana dengan rupa anjing seperti yang dikisahkan pada film yang satu ini? Bolt merupakan film animasi 3D hasil karya Disney yang ditayangkan pada tahun 2008 lalu dengan tema yang unik dan tokoh utama yang menggemaskan.

Tersebutlah Bolt, seekor anjing super yang mampu menerjang tembok, meggigit putus tiang besi baja, mengeluarkan laser super dari kedua matanya, serta menggoyahkan lawan hanya dengan lolongannya. Namun sayangnya, semuanya itu hanyalah fiksi belaka, karena Bolt adalah artis anjing yang berperan sebagai anjing super di sebuah acara televise untuk anak-anak bersama dengan Penny majikannya. Karena sejak kecil ia telah ditanamkan berbagai imajinasi tersebut, Bolt sungguhan mengira bahwa dirinya adalah seekor anjing super. Bahkan ketika dirinya terdampar keluar dari studio syuting, Bolt mengira kekuatan supernya hanya hilang sementara. Dengan meminta bantuan Mitten si kucing dan ditemani seekor hamster bernama Rhino, Bolt pun memulai petualangannya untuk kembali ke studio demi “menyelamatkan” sang majikan!

Walau menggunakan anjing sebagai tokoh utamanya, film Bolt mampu memberikan pesan moral yang baik untuk penontonnnya. Tidak hanya sekedar memberikan aksi seekor anjing yang mengira dirinya memiliki kekuatan super saja, tetapi juga menunjukkan betapa tinggi kesetiaan seekor anjing terhadap pemiliknya hingga ia rela untuk berjalan jauh dan berkorban demi menolong sang majikan. Aksi seru yang juga jenaka, tak ketinggalan penggambaran tokoh utama Bolt dan kawanannya yang terlihat menggemaskan tetapi bernilai moral baik, membuat Bolt pun cocok menjadi salah satu film animasi untuk hiburan keluarga Anda di rumah.

Part: 1 2
Random Articles
Back to Top