in: Software - Tips | August 13, 2013 | by: Dian Syarifuddin

5 Software Gratis Andalan untuk Para Penikmat Download

Hampir sebagian besar para pengguna layanan Internet dari berbagai perangkat seperti PC desktop, Laptop, smartphone, dan tablet, tidak bisa lepas dari proses unduhan/download. Selain itu, aktivitas download yang dilakukan oleh pengguna bisa dikatakan cukup menyenangkan, karena si pengguna hendak menginginkan suatu file dari dunia Internet, bisa berupa file musik, film, e-book, wallpaper, screensaver, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, aktivitas download di seluruh dunia terus mengalami peningkatan signifikan. Tersedianya beragam provider Internet yang menyajikan dan menjanjikan kecepatan koneksi sudah semakin beragam. Terkadang, beberapa pengguna layanan Internet yang hobi men-download hingga berjam-jam melalui perangkat PC desktop, memanfaatkan software downloader agar koneksi Internet yang diperoleh lebih cepat dan stabil. Dan berikut ini, kami menyajikan serta mengulas sedikit mengenai lima buah software downloader gratis yang paling diminati di dunia maya.

FlashGet

02

FlashGet merupakan salah satu software download manager yang cukup ternama dan kehadirannya pun terbilang sudah cukup lama, serta memiliki pengguna yang cukup banyak. FlashGet menggunakan Multi-server Hyper-threading Transportation (MHT), dimana fitur ini sudah mendukung beragam protokol dan mengatur dokumen dengan baik. Bahkan dengan fitur tersebut, proses download bisa meningkat lebih cepat hingga 10x lipat.

Selain itu, FlashGet juga sudah mendukung beberapa protokol ternama seperti HTTP, FTP, Bittorrent, eMule dan masih banyak lagi.

FlashGet juga bisa dikatakan sebagai software download manager yang aman karena mampu memanggil antivirus yang digunakan pada perangkat Anda untuk melakukan proses scanning secara otomatis apabila file yang akan di download mengandung adware, spyware, atau malware. Sama seperti IDM, FlashGet juga mampu meneruskan proses download yang terhenti, apabila terjadi gangguan koneksi Internet atau mati lampu.

Info: www.flashget.com

 

Download Accelerator Plus

04

Download Accelerator Plus (DAP), memiliki tampilan yang cukup mudah dimengerti. DAP mampu meningkatkan proses download dengan cepat, karena telah dilengkapi dengan fitur Automatic Mirroring Speed Boost. DAP juga memiliki kemampuan yang sama seperti FlashGet, mampu melakukan proses scanning melalui software antivirus yang digunakan, apakah file yang akan di download aman atau tidak.

Tersedia juga tombol Pause apabila koneksi Internet terputus. Bahkan, bila file yang akan di download rusak, tetap bisa dilanjutkan proses download-nya. DAP juga menyediakan sebuah layar preview apabila Anda hendak men-download sebuah file video.

Info: http://www.speedbit.com/dap/

 

Free Download Manager

03

Free Download Manager (FDM) memiliki fitur dan tampilan yang tidak jauh berbeda dengan DAP. FDM merupakan software download manager gratis yang mampu meningkatkan kecepatan proses download berbagai file di Internet. Selain itu, FDM bisa dikatakan 100% aman karena berupa software open source yang didisitribusikan oleh lisensi GPL. Beberapa keunggulan FDM bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Mendukung BitTorrent
  • Upload Manager
  • Download Flash Video (YouTube)
  • Preview dan konversi file Video/Audio
  • Anti-Spyware dan Adware
  • Dukungan multi-bahasa
  • Download lebih cepat
  • Dan masih banyak lagi fitur lainnya

Info: www.freedownloadmanager.org

 

aTube Cather

01

Software downloader yang satu ini cukup mudah digunakan. Kemampuan utama dari aTube Catcher adalah men-download video dari website streaming video ternama seperti YouTube, Dailymotion, MySpace, MetaCafe, dan lain sebagainya. Hasil video yang di download, dapat di konversi dan di ekspor ke berbagai format ternama, atau file video tersebut untuk dapat dijalankan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Selain file video, aTube Catcher juga bisa mengkonversi file tersebut menjadi file musik MP3. Beberapa format ternama yang sudah didukung aTube Catcher di antaranya, AVI, WMA, WMV, 3GP, 3g2, XviD, MP4, VOB, MOV, GIF, MPG, PSP, OGG, MP3, dan FLAC.

Info: www.atube-catcher.dsnetwb.com

 

Orbit Downloader

05

Orbit Downloader merupakan sebuah software download manager gratis yang dirancang khusus untuk Web terbaru (2.0). Orbit Downloader juga mampu mencegah proses download file yang mengandung spyware, adware, atau malware. Selain itu, Orbit Downloader memiliki kemampuan download file video/audio dari website streaming ternama seperti YouTube, MySpace, Imeem, dan Pandora. Selain itu, software download manager ini juga memudahkan para penggunanya untuk men-download file dari RapidShare.

Beberapa keunggulan fitur yang dimiliki Orbit Downloader di antaranya:

  • Proses download lebih cepat
  • File cukup ringan dan tidak memakan space berlebih
  • Mendukung IE, Firefox, Maxthon, dan Opera
  • Mendukung protokol HTTP, HTTPS, FTP, MMS, RTSP,  dan RTMP
  • Mendukung konfigurasi proxy server
  • Tersedia tombol Download, Pause, dan Resume

Info: www.orbitdownloader.com

Itulah lima buah software download manager gratis yang dapat diandalkan saat ingin men-download file dalam ukuran cukup besar. Namun, kecepatan dan kesuksesan proses download pada semua software download manager tersebut, bergantung pada kestabilan koneksi layanan Internet yang digunakan. Dari kelima software download manager di atas, adakah salah satu software yang digunakan oleh rekan se-Jagat saat ini?

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES