in: News | August 25, 2013 | by: Ozal

Analis Skeptis internet.org Facebook Bakal Berjalan Mulus

Facebook 3

Beberapa waktu lalu, seperti diberitakan sebelumnya, CEO Facebook meluncurkan proyek bernama internet.org. Melalui proyek itu, Ia ingin agar lima miliar penduduk dunia, khususnya di negara berkembang dapat mengakses internet. Namun, bos Facebook yang akrab disapa Zuck itu, tidak bisa menyebutkan berapa lama waktu dibutuhkan agar proyek tersebut dapat tercapai. Beberapa analis menanggapi skpetis proyek bakal berjalan mulus.

Dan Olds, analis di Gabriel Consulting Group mengatakan, inisiatif yang mulia itu bakal menghadapi berbagai tantangan yang cukup signifikan. Bahkan Ia tidak melihat, itu akan sukses dalam waktu 10 sampai 20 tahun ke depan. Facebook bersama timnya, yakni Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera, Qualcomm, dan Samsung butuh waktu panjang agar mencapai target lima miliar pengguna internet itu.

“Saya kira itu bisa dilakukan, tapi ini jelas merupakan suatu tujuan yang besar. Ini akan memakan waktu cukup lama dan memakan investasi besar. Merka harus berurusan dengan masalah infrastruktur, politik, dan budaya. Ada masalah lebih banyak daripada masalah teknis. Ini isu-isu lain yang mungkin lebih menakutkan. Itu masa yang panjang,” kata Olds dilansir Computer World.

Sementara itu, Ezra Gottheil analis di Technology Business Resources mengatakan, proyek tersebut butuh waktu 10 tahun yang solid guna membawa akses internet ke daerah-daerah terpencil dan wilayah yang tengah terjadi pergolakan politik. Bahkan tidak semua negara di dunia yang mengijinkan penduduknya berinternet secara bebas, salah satunya Korea Utara.

facebook (1)

“Ya, itu bisa dilakukan, tapi tidak terlalu cepat. Mitra hardware dan software mesti dibangun. Semua hal tentang jaringan juga mesti dibangun. Bisnis subsidi harus dinegoisasikan dan diprakarsai. Dan mereka harus mulai mendaftarkan lima miliar orang itu.” ungkapnya.

Menurut Gottheil raksasa internet, seperti Facebook, Google, dan Amazon mungkin perlu menyiapkan dana yang memadai guna melebarkan konektivitas global agar bisa diakses lima miliar pengguna dengan mudah. “Kendala besar adalah lima miliar itu tidak mampu membayar biaya komunikasi data yang lebih tinggi. Semua keuntungan bisnis di web tergantung dari konektivitas. Mereka pun mesti menyubsidi untuk membuat ini dapat sukses,” imbuhnya.

Patrick Moorhead, analis di Moor Insight & Strategy pun setuju dengan Olds dan Gottheil. Ia juga mengungkapkan, proyek internet.org bisa memakan waktu 10 hingga 15 tahun agar hal itu bisa berjalan sukses. “Saya skeptis karena inisiatif yang mulia ini tidak bisa dicapai dengan mudah,”

Seandainya pun proyek ini berjalan sukses, ada kemungkinan, lima miliar penduduk akan diarahkan untuk bisa mengakses Facebook. Itu berarti, Facebook ingin bertahan untuk waktu yang lama dan menghasilkan miliaran dolar dari pengiklan.

Oled mencatat, banyak penduduk di negara berkembang mungkin tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan, namun pengiklan bakal tetap meraih popularitas sebanyak yang mereka bisa. Ia menyontohkan, pabrikan mobil mewah Lexus misalnya. Lexus tidak mengiklankan mobil mewah keluaran terbarunya ke banyak konsumen, tetapi mereka mungkin bisa mengiklankan produk lainnya yang lebih menyentuh masyarakat luas, seperti kendaraan umum bus keluaran Lexus. Ada citra positif yang bisa dibangun pengiklan untuk mempromosikan produknya dalam bentuk lain di internet.

Sumber: Computerworld

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES