LOGO

Canon akan Masuk ke Pasar Kamera Pengawas

Seperti fakta yang terlihat, pasar kamera kompak berangsur-angsur menyurut dan tak sepopuler beberapa tahun silam. Gempuran smartphone dan tablet yang sudah dibekali dengan kemampuan kamera yang mumpuni membuat posisi kamera digital sedikit terancam. Dan hal tersebut tentu saja disadari oleh para vendor kamera sehingga mereka mulai mengatur strategi lain untuk bisa tetap bertahan.

canon-logo

Tak terkecuali vendor kamera papan atas seperti Nikon dan Canon yang beberapa waktu ini dikabarkan tengah mencari kemungkinan lahan lain yang bisa dieksplorasi. Yang terbaru, Canon yang selama ini dikenal sebagai pembesut kamera terkemuka baik amatir maupun profesional dikabarkan tengah menjajaki lahan baru di bidang kamera pengawas sebagai market yang mungkin bisa dikuasainya di masa mendatang.

Kabar tersebut datang dari pernyataan Presiden dan CEO Canon, Fujio Mitarai, yang menyatakan bahwa fokus utama Canon untuk fase berikutnya adalah pada meningkatkan penjualan business-to-business (B2B) dan tentu saja termasuk di dalamnya kamera keamanan yang juga menjadi pasar yang besar. Hal ini senada dengan hasil riset dari IHS yang memperkirakan market kamera pengawas akan tumbuh dua pertiga dan diharapkan akan bernilai $27 milyar pada tahun 2017. Canon sendiri bertujuan untuk mencapai penjualan tahunan sekitar $1 milyar dari sektor itu saja dalam perencanaan lima tahunan mereka yang diharapkan bisa dimulai pada tahun 2016.

Canon tidak akan menjadi vendor kamera pertama yang merambah ke pasar kamera pengawas. Vendor asal Jepang lainnya, Panasonic, juga sudah mendahului bermain di market ini dan bahkan mereka telah mengumumkan penjualan sebesar $136 juta di kuartal terakhir. Vendor lain yang juga dikabarkan mulai masuk ke market kamera pengawas adalah Sony yang mulai tertarik untuk bermain di kamera pengawas dan Sony dikabarkan akan mencari cara untuk memanfaatkan teknologi sensor gambar mereka.

Jika para vendor kamera berbondong-bondong masuk ke market ini, maka tidak diragukan lagi market kamera pengawas memang tengah berkembang dan memiliki prospek yang cerah. Hadirnya pemain kuat di bidang kamera digital tentunya juga akan memperkaya varian kamera-kamera pengawas di masa mendatang.

Random Articles
Back to Top