in: News | August 24, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Canonical Gagal Dapatkan Dana untuk Smartphone Ubuntu

Proyek ambisius Canonical, smartphone Edge dengan dua sistem operasi, Android dan Ubuntu, akhirnya berakhir dengan kekecewaan. Perusahaan tersebut gagal mengumpulkan dana US$ 32 juta dari penggalangan dana secara online yang berlangsung antara 22 Juli hingga 21 Agustus lalu. Dana yang berhasil mereka kumpulkan dari sekitar 27 ribu pendukung proyek tersebut masih jauh dari yang dibutuhkan untuk proyek tersebut.

ubuntu edge team q&a

Canonical dikabarkan hanya berhasil mengumpulkan dana kurang dari US$ 13 juta dari US$ 32 juta yang dibutuhkan. Hal itu membuat Canonical kekurangan dana US$ 19 juta untuk mengerjakan proyek Edge. Tentu saja, kurangnya dana tersebut membuat nasib smartphone Edge menjadi semakin tidak menentu, dan kemungkinan besar berakhir pada pembatalan.

Selepas gagalnya penggalangan dana tersebut, sekitar 27 ribu pendukung proyek tersebut yang telah menyumbangkan dana akan mendapatkan pengembalian dana dari Indigogo dan PayPal selaku salah satu mitra penggalangan dana tersebut. Pengembalian dana tersebut akan diproses dalam waktu kurang lebih 5 hari.

Bagi Canonical sendiri, kegagalan mereka mendapatkan dana untuk mengembangkan Edge ternyata tidak memupuskan semangat perusahaan tersebut untuk menghadirkan Ubuntu ke smartphone. Mereka justru makin bersemangat karena ternyata banyak pihak telah menyatakan dukungan mereka untuk kehadiran Ubuntu ke smartphone. Selain itu, mereka juga yakin akan adanya smartphone Ubuntu lain dari produsen lain yang akan hadir di pasaran pada tahun 2014 mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES