in: News | August 25, 2013 | by: Ozal

CEO Facebook Ingin 5 Miliar Orang Mengakses Internet

Facebook 3

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg meluncurkan proyek terbaru bernama internet.org. Tujuannya ialah agar lima miliar orang di seluruh dunia atau sekitar dua pertiga dari seluruh penduduk dunia dapat mengakses internet.

Hingga saat ini, baru sekitar 2,7 miliar orang atau sepertiga dari populasi dunia yang dapat mengakses dunia maya. Sementara pertumbuhan adopsi internet tiap tahunnya masih kurang dari sembilan persen.

“Ada hambatan besar di negara-negara berkembang untuk menghubungkan dan menggabungkan ekonomi berbasis pengetahuan. Internet.org menyatukan kemitraan global untuk bekerja mengatasi tantangan-tantangan ini, termasuk menyediakan mereka yang saat ini tidak dapat membeli akses internet,” kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan, dilansir Computer World.

facebook

Ia mengatakan, ada tiga aspek yang akan menjadi fokus dari programnya guna menumbuhkan penggunaan internet di negara berkembang. Pertama, pengembangan teknologi teknologi yang lebih murah namun dengan smartphone berkualitas tinggi, sehingga membuat konektivitas mobile lebih terjangkau. Kedua, investasi dalam peralatan, guna meningkatkan kemampuan jaringan dan kompresi data. Terakhir, mengembangkan model bisnis baru dan layanan yang membuat orang lebih mudah untuk mengakses internet.

“Semuanya yang telah dilakukan Facebook telah memberikan kekuatan untuk menghubungkan semua orang di seluruh dunia,” ungkapnya, namun Ia tidak dapat memprediksikan berapa lama proyek ini akan tercapai dan rencana khusus apa yang sedang mereka lakukan.

Guna merealisasikan tujuannya ini, pihaknya pun membangun kemitraan tim dengan raksasa teknologi lainnya, yakni Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera, Qualcomm, dan Samsung. Selain itu, Facebook juga berencana meminta bantuan kepada beberapa operator seluler di seluruh negara.

Profesor Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank asal Bangladesh yang memiliki progra pinjaman kepada penduduk miskin mengatakan, akses memperluas internet ini dapat memecahkan segudang masalah sosial. “Menggunakan kekuatan gabungan dari teknologi dan bisnis sosial akan memungkinkan tiap individu di mana saja di planet ini untuk mengubah dunia dalam waktu cepat,. Kekuatan kreatif manusia cukup superior dalam mengatasi semua masalah manusia, termasuk menempatkan kemiskinan ke dalam museum,” ungkapnya yang juga pernah menerima Hadiah Nobel Perdamaian di bidang keuangan mikro ini.

Proyek amal tersebut bukan pertama kali bagi Zuckerber. Tiga tahun lalu, Ia menjadi sorotan media setelah menyumbangkan dana hingga US$ 100 juta guna membantu sistem sekolah negeri di Newmark, Amerika Serikat. Lalu pada 2012 silam, Ia juga mendonasikan sekitar US$ 500 juta kepada Yayasan Silicon Valey guna membantu penelitian di bidang kesehatan dan pendidikan.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES