in: Graphics Card | August 6, 2013 | by: Dedy Irvan

Efek Beda Kecepatan Memori pada VGA AMD Murah

Pengujian Variasi Kecepatan Memori

Dalam pengujian ini, kami tidak mengubah kecepatan GPU. Variasi hanya dilakukan pada kecepatan memori saja, untuk melihat efek yang timbul akibat perbedaan kecepatan memori yang berbeda.

3DMark Cloud Gate

cloudgate

CLOUDGATE-HD6570-MEM

Setting: Default

Pengujian dengan 3DMark Cloud Gate menunjukkan bahwa graphics score pada ketiga varian clock memori bervariasi cukup jauh. VGA dengan memori 500 MHz hanya memperoleh Graphics Score 5-ribuan, 667 Mhz di 6-ribuan, dan 800 MHz bisa mencapai 7-ribuan. Sekilas, hasil ini sudah menunjukkan bahwa performa teoritis dari perbedaan clock memory di VGA entry-level ini ternyata sangat besar.

Bioshock Infinite

bioshock

BIOSHOCK-HD6570-MEM

Setting: 1360 x 768: Preset Quality Low

Nah sekarang kami mengambil sebuah game, yaitu Bioshock Infinite. Tampak perbedaan clock memory memberikan hasil yang lagi-lagi berbeda jauh. Dengan hanya 500 MHz, HD 6570 tampak kepayahan menjalankan game ini. Pada 667MHz, game sudah mulai berjalan lancar. Sementara itu, VGA Radeon HD 6570 dengan memori 800MHz dapat menjalankan game dengan frame rate amat baik.
amd_radeon_6570

KESIMPULAN: Cek Kecepatan Memorinya!

Pada saat memilih VGA card entry level, kecepatan memori menjadi penentu performa yang cukup signifikan. Perhatikan saja pengujian singkat di atas yang menunjukkan betapa berbedanya performa VGA yang sama, namun dengan kecepatan memori berbeda.

Jika Anda berpikir akan melakukan overclocking, pertimbangkan kembali matang-matang. Sebab, dengan harga ekonomis, VGA kelas entry-level ini umumnya tidak datang dengan memori yang bisa di-overclock. Jadi,pilihan terbaik Anda adalah dengan mencari VGA entry-level dengan memori berkecepatan tertinggi. Tentu saja, apabila tersedia pilihan DDR5, itu merupakan pilihan terbaik.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES