LOGO

HTC Kembangkan Sistem Operasi Mobile Sendiri?

HTC

Seperti halnya Samsung melalui Tizen OS, vendor smartphone asal Taiwan, HTC dikabarkan berencana untuk membangun sistem operasi mobile sendiri untuk smartphone besutannya. Rencananya, perangkat lunak itu mulai digarap serus dan diumumkan pada akhir tahun ini serta dikhususkan bagi pasar Cina.

Masih belum jelas, apakah sistem operasi HTC ini sepenuhnya akan dibangun di atas platfom Android yang berbasis Linux atau tidak. OS tersebut nantinya akan terintegrasi dengan aplikasi buatan beberapa pengembang asal Cina, seperti microblogging Weibo. Menurut salah seorang sumber, beberapa prototipe OS juga telah dikirim ke pejabat pemerintah Cina guna pengujian.

Dalam sebuah laporan ekslusif yang dilansir Wall Street Journal, pihak HTC telah mendapat persetujuan dan dukungan dari pemerintah Cina dan mitra operator selular lokal guna mengembangkan sistem operasi mobile khusus pasar Asia Timur itu. Ini dilakukan juga untuk mengurangi ketergantungan sistem operasi mobile dari pemasok barat, seperti Google Android dan Microsoft Windows Phone. Tampaknya, OS baru HTC itu memang diprioritaskan untuk pasar Cina terlebih dahulu.

Proyek ini mencerminkan bagaimana upaya HTC untuk merayu konsumen Cina agar lebih tertarik dalam menggunakan perangkat smartphone-nya. HTC berharap, OS tersebut dapat memperbaiki penderitaan pangsa pasar yang dimilikinya. Walau Amerika Serikat menjadi menjadi pasar smartphone terkuat, namun mereka mesti bersaing dengan Samsung dan Apple. Banyak smartphone high-end HTC, seperti HTC One terdepak dari popularitas Galaxy S4 dan iPhone 5. Hal ini semakin membuat HTC berharap penuh pada Cina yang memiliki pengguna internet mobile hingga 500 juta orang.

HTC 2

“Kami sangat bergembira mengenai pasar Cina karena tidak banyak merek dapat bermain di segmen high-end,” kata Chief Executive HTC Peter Chou dalam sebuah panggilan investor bulan lalu.

Sejumlah perusahaan lokal, seperti Alibaba dan Baidu juga telah menciptakan perangkat lunak mereka sendiri untuk konsumen Cina atas restu pemerintah di Beijing. Tapi menurut analis di IDC, Teck Zhung Wong, HTC akan menjadi yang pertama sebagai vendor di luar Cina dalam menciptakan sistem operasi khusus untuk konsumen Cina.

Sebenarnya, HTC telah kepikiran untuk menciptakan sistem operasi mobile sendiri sejak dua tahun lalu. Namun karena beberapa faktor penghambat, akhirnya mereka masih menggunakan OS besutan Google dan Microsoft. Terlebih, pangsa pasar perangkat Android, kini telah jatuh ke tangan Samsung dengan perolehan pangsa pasar sebesar 79 persen dan sebagian perangkat Windows Phone juga dikuasai Nokia. Kini, rencana dua tahun lalu, makin mendekati kenyataan untuk dikembangkan.

Random Articles
Back to Top