LOGO

Mengurangi Kecanduan Facebook dengan Pavlov Poke

Apakah Anda pengguna Facebook? Seberapa sering Anda menggunakan situs media sosial tersebut untuk berinteraksi dengan teman atau keluarga Anda dalam sehari? Sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa terlalu berlebihan menggunakan Facebook dalam sehari dapat menyebabkan penggunanya jadi lupa waktu, sehingga melupakan pekerjaan utama mereka yang seharusnya dikerjakan lebih dulu. Hal ini, dengan kata lain, berdampak menjadi bentuk kecanduan media sosial.

pavlov-poke-0

Dua orang murid MIT PhD, Robert Morris dan Dan McDuff pun merancang sebuah alat yang bisa mengurangi kecanduan seseorang terhadap Facebook yang dinamakan Pavlov Poke. Sesuai dengan namanya, alat ini menggunakan teori tingkah laku dari Pavlov yang disesuaikan dengan fungsi alat tersebut. Fungsi dari alat ini pun sederhana, jika seseorang menggunakan Facebook dalam jangka waktu yang terlalu lama, maka alat ini akan memberikan sengatan listrik sebagai peringatannya.

Perangkat ini pun dibuat dengan cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan UI inspector yang dapat mengamati program dalam komputer apa saja yang tengah bekerja. Alat ini dapat mendeteksi berapa lama sebuah situs telah diakses, termasuk situs Facebook. Jika ketahuan bahwa lamanya akses seseorang di situs Facebook ternyata melebihi batas yang telah ditentukan, Pavlov Poke akan mengeluarkan sengatan listrik kepada tangan pengguna yang diletakkan di atas perangkat tersebut. Sengatan listrik ini tentunya tidak akan membahayakan jiwa penggunanya, tetapi cukup untuk membuat rasa tidak nyaman.

pavlov-poke-3

Alasan Morris dan McDuff merancang alat ini adalah sebagai proyek DIY yang tidak direncanakan untuk dijual secara bebas, hanya sebagai peralatan lelucon semata. Setidaknya, kedua murid ini hendak memberitahu kepada masyarakat bahwa adiksi terhadap teknologi yang berkembang saat ini bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain, sehingga mereka perlu untuk sadar dan atasi adiksi tersebut.

Random Articles
Back to Top