in: News | August 5, 2013 | by: Ozal

Penggunaan Wi-Fi di Uni Eropa Punya Prospek Bagus

wifi

Penggunaan akses internet melalui Wireless Fidelity atau biasa dikenal Wi-Fi tengah menjamur di negara-negara maju Uni Eropa. Tren ini diproyeksikan bakal meningkat hingga 78 persen pada 2016 nanti.

Bahkan pada 2012 lalu, 71 persen lalu lintas internet masyarakatnya berasal dari Wi-Fi. Banyak di antara mereka mengakses Wi-Fi melalui smartphone dan tablet. Demikian menurut penilitian yang dilakukan Komisi Eropa.

“Wi-Fi sukses besar. Ini merupakan kemenangan besar bagi semua orang yang terlibat. Saya memastikan bahwa Komisi Eropa akan membantu menyebarkan penggunaan Wi-Fi melalui spektrum ekstra dan peraturan yang lebih ringan,” kata Wakil Presiden Komisi Eropa, Neelie Kroes, dilansir Celullar-News.

wifi 3

Hasil peneltian menunjukan, bagaimana pengguna lebih memilih memanfatkan koneksi Wi-Fi karena faktor efisiensi biaya. Banyak Hotspot Wi-Fi di berbagai tempat belahan dunia, muali menyediakan akses gratis bagi pengguna. Peneltian ini juga merekomendasikan pemerintah berbagai negara Eropa agar menambahkan spektrum nirkabel. Itu dilakukan agar pemerintah dapat membangun jaringan Wi-Fi lebih banyak lagi guna mengimbangi permintaan semakin meningkat.

Pihaknya pun juga merekomendasikan agar provider maupun pemerintah membuat spektrum 2,6 GHz dan 3,5 GHz. Sehingga, penggunaan jaringan Wi-Fi untuk penggunaan mobile makin tersedia. Bahkan di masa depan nanti, frekuensi mobile dapat beralih ke 3,5 GHz.

“Sistem di mana Anda berbagi jaringan Wi-Fi Anda dengan orang lain adalah contoh yang bagus bagaimana kita memberikan internet yang penuh sesak ke tiap orang bisa lebih baik lagi. Semua orang di Eropa harus dapat manfaat dari internet ketika mereka keluar rumah maupun sedang bekerja.” tambah Kroes.

Penggunaan lebih luas teknologi Wi-Fi, menurut penelitian tersebut, juga memungkinkan operator dapat menghemat hingga puluhan miliar euro. Sebab, mereka bakal mengupgrade ke jaringan yang lebih efisien untuk jangka panjang. Selain itu, cakupan jaringan internet yang disediakan operator dapat dijangkau mudah di tempat yang sulit ditembus sinyal, seperti di dalam gedung besar.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES