in: News - Popular Science | August 24, 2013 | by: Friska Suryawinata

Periksa Mata Lebih Murah dengan Peek

peek-4

Sebuah alat periksa mata yang berbasis smatphone dirancang oleh tim peneliti dari London sebagai media kesehatan yang jauh lebih murah. Penemuan yang diberi nama Peek ini dapat memindai mata pasien untuk menemukan apakah terdapat penyakit atau kejanggalan yang perlu ditangani secara medik. Tentu saja, dengan alat pemindai tersebut, biaya yang dikeluarkan untuk bisa melakukan pemeriksaan mata seperti halnya di rumah sakit dapat dipangkas lebih banyak.

Percobaan untuk Peek ini menggunakan aplikasi mobile dan hardware tambahan yang dapat mengubah smartphone bersistem operasi Android menjadi alat pemindai mata portable dan tentu saja hemat biaya karena tidak memerlukan peralatan periksa mata yang mahal. Tidak hanya itu, Peek pun dapat melakukan diagnosa akan pemeriksaan yang dilakukan dengan cukup akurat. Fitur yang diusung oleh alat ini juga beraneka macam, sehingga memudahkan pemeriksaan mata untuk beberapa bagian tertentu seperti tes mata normal, kejernihan penglihatan, tes buta warna, tes katarak, dan lain sebagainya.

Proyek Peek ini dikembangkan tim peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine bekerja sama dengan Golden Gekko yang merupakan perusahaan aplikasi mobile terbesar di Eropa. Proyek Peek saat ini telah diujicobakan di Kenya dengan menggunakan perangkat smartphone yang telah dimodifikasi tersebut terhadap para lokalnya. Tidak hanya berhenti sampai di sini, para pengembang pun berharap bahwa inovasi yang mereka berikan ini dapat berguna di bidang kesehatan, terutama untuk memberikan pemeriksaan medis dengan harga yang relatif terjangkau untuk mereka yang tidak mampu membayar biaya pemeriksaan medis di rumah sakit.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES