LOGO

[PR] Asosiasi Mobile Marketing dan Vserv.mobi Mengungkap Laporan Konsumen Mobile Internet yang Pertama untuk Asia Tenggara

Laporan menunjukkan bahwa pengguna internet mobile di Asia Tenggara terdiri dari pengguna usia muda, terpelajar dan mencari konten yang bisa diunduh; Indonesia memiliki pengguna internet mobile yang paling muda di Asia Tenggara

Jakarta, Indonesia, 26 Agustus 2013 – Vserv.mobi, pemimpin dalam Jaringan Periklanan Mobile dunia, merilis Laporan Konsumen Mobile internet untuk wilayah Asia Tenggara tahun 2013, yang disusun bersama-sama dengan Mobile Marketing Association (MMA). Laporan ini memberi wawasan regional dan spesifik mengenai pola penggunaan internet mobile di enam negara Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Laporan ini bertujuan untuk membantu para perencana media/media planner dan pengiklan melalui berbagai wawasan mengenai pasar internet mobile, untuk meningkatkan jangkauan mereka dan membidik pasar yang tepat dalam negara yang berkembang ini.

Kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama untuk semua merek, oleh karena itu pemegang merek harus mampu memanfaatkan wawasan akan para konsumen mereka supaya bisa membuka kesempatan untuk meningkatkan engagement serta recall. Menurut laporan ini, pengguna internet bergerak di Asia Tenggara berusia muda, memiliki pekerjaan dan tingkat daya beli yang tinggi. Beberapa hal yang bisa diketahui dari laporan ini antara lain:

Profil Demografis

·    Lebih dari setengah pengguna internet mobile umumnya berusia muda; di bawah 24 tahun

·    Lebih dari sepertiganya memiliki gelar sarjana atau pascasarjana

·   Lebih dari 70% pengguna tersebut adalah pekerja profesional, dengan tingkat daya beli yang tinggi, serta seringkali berkunjung ke restoran, pusat perbelanjaan/mal dan juga bioskop

Sifat-sifat Konsumtif

·    Pengguna internet mobile haus akan konten dan informasi, dan sering mencari tahu akan berbagai hal melalui iklan mobile

·   Konsumen menyukai iklan mobile yang menyediakan konten yang bisa diunduh (55%), dan yang memberi tahu akan adanya diskon pembelanjaan (42%)

·   Aplikasi dan game adalah jenis konten yang paling banyak diunduh, diikuti dengan video dan musik 

Wawasan khusus mengenai Indonesia:

Profil Demografis

·      Indonesia memiliki pengguna internet mobile yang termuda di Asia Tenggara

·      30% dari pengguna internet mobile di Indonesia memiliki gelar sarjana atau pascasarjana

Sifat-sifat Konsumtif

·   Tipe konten yang diminati oleh konsumen di Indonesia serupa dengan pengguna internet di negara lainnya di Asia Tenggara. Pengguna di Indonesia gemar mengunduh game dan aplikasi (70%)

·  Jumlah pengguna internet mobile di Indonesia yang menyukai diskon pembelanjaan (36%), mencari informasi sebuah merek (33%) atau mencari lokasi suatu tempat (22%), agak lebih rendah bila dibandingkan dengan rata-rata pengguna di negara lainnya di Asia Tenggara

Rohit Dadwal, Managing Director, MMA Asia Pasifik berkata, “Brand tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai pasar yang terus berkembang di negara-negara yang mereka tuju untuk bisa memberikan pengalaman yang lebih kaya dan terarah. Hal ini akan meningkatkan relevansi dari pesan yang disampaikan, dan juga menentukan apakah konsumen akan bersedia melakukan engagement dengan brand tersebut, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Kami sangat senang bisa bermitra dengan Vserv.mobi dalam menyediakan wawasan yang berguna bagi pemegang merek dan para pemasar, yang bisa membantu mereka dalam memutuskan bagaimana mereka akan melakukan kampanyenya lewat media mobile.

Vikas Gulati, Wakil President Vserv.mobi untuk Asia Tenggara

Vikas Gulati, Wakil President Vserv.mobi untuk Asia Tenggara, berkata, “Sebagai pemimpin industri, Vserv.mobi berkomitmen untuk menumbuhkembangkan industri pemasaran mobile dan mempelopori penggunaan perangkat bergerak sebagai sarana pemasaran yang efektif. Survei yang kami kerjakan bersama-sama dengan MMA, badan industri periklanan mobile dunia, adalah langkah penting untuk mencapai tujuan itu. Laporan Konsumen Mobile Internet pertama ini akan memecahkan masalah yang biasanya ditemui oleh industri dengan menyediakan data konsumen mobile yang akurat dan siap pakai. Kami yakin, hal ini akan bisa membantu para pemasar untuk memahami pasar mereka dengan lebih baik, dan memanfaatkan wawasan-wawasan tersebut untuk menciptakan suatu strategi kampanye yang tajam dan lebih terfokus.”

Laporan Konsumen Mobile internet yang disusun oleh MMA dan Vserv.mobi ini didasarkan atas survei yang dilakukan terhadap lebih dari 3,000 pengguna situs web dan aplikasi mobile. Survei yang berlangsung selama dua minggu ini dilakukan dalam bulan Juli 2013. Salinan dari laporan lengkapnya, dan data-data pendukung untuk masing-masing negara bisa diunduh dari http://vserv.mobi/insights.

Random Articles
Back to Top