in: Processors | August 4, 2013 | by: Bhisma Sidarto

Review AMD FX-9590: Prosesor Desktop AMD Terkencang

Beberapa waktu yang lalu kami sempat memberikan sedikit sneak peek mengenai performa prosesor seri FX terbaru dari AMD yaitu FX-9590. Kini, saatnya telah tiba untuk mengungkap seluruh hasil pengujian kami dalam sebuah review lengkap. Bagi yang tak sabar ingin mengetahui hasil pengujian kami silahkan langsung meneruskan membaca halaman 3 dari artikel ini. Namun, bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap terkait AMD FX-9590 silahkan membaca review kami dari awal dan kami ucapkan selamat menikmati review kami berikut ini!

AMD-FX-9590-5-GHz

FX-9590 merupakan prosesor seri FX tertinggi saat ini. Prosesor tersebut menggunakan soket AM3+, sama seperti prosesor dari keluarga FX yang lain. Ini merupakan prosesor desktop retail AMD pertama di dunia yang berani mengusung clock 5.0 GHz.

Sebelum melanjutkan ke bagian pengujian, mari kita sedikit mengulas spesifikasi prosesor ini. Prosesor FX-9590 mengusung delapan core dengan delapan thread. Kedelapan core tersebut berjalan pada kecepatan standar 4.7 GHz dan bisa meningkat hingga 5.0 GHz ketika Turbo Core aktif. Prosesor FX-9590  ini tidak dilengkapi dengan pengolah grafis terintegrasi dan memiliki TDP 220 Watt.

Berikut ini detail spesifikasi dari prosesor FX-9590.

CPU-Z Screenshot

AMD FX-9590 “Centurion”

AMD-FX-9590_CPUZ_cpu-5016

Sebelum melanjutkan kepada bagian pengujian, ada baiknya kita mencermati “peserta” lainnya yang hadir sebagai pembanding pada test ini. Peserta pertama tentunya adalah prosesor yang dijadikan basis dari FX-9590 itu sendiri, yaitu FX-8350.  Jika dibandingkan, secara spesifikasi kedua prosesor ini identik. Perbedaan hanya terdapat pada clock speed yang diusungnya. Sebetulnya kami ingin menyertakan pengujian menggunakan FX-8350 yang dioverclock hingga kecepatan yang sama dengan FX-9590, tapi ternyata hal tersebut tak dapat dengan mudah dilakukan menggunakan air cooling maupun watercooling. Voltase yang digunakan pun nantinya akan membahayakan “kesehatan” dari prosesor itu sendiri.

Peserta lainnya adalah prosesor jenis APU dari AMD. Prosesor ini merupakan salah satu produk paling sukses AMD dipasaran. Tentu saja menarik untuk membandingkan processing power yang dimiliki oleh prosesor kelas APU dengan seri FX. Kami pun memilih generasi paling baru dari kelas ini, yaitu A10-6800K yang mengusung arsitektur Richland. Prosesor ini diuji pada clock speed standard dan dalam keadaan dioverclock pada kecepatan yang sama dengan FX-9590.

Catatan penting: prosesor yang kami terima tidak datang dalam paket retail, karena memang belum ada paket retail untuk pasar Indonesia. Oleh sebab itu, kami tidak akan menilai kelengkapan paket dan sistem pendinginnya.

Tanpa banyak menunda lagi, mari kita melanjutkan ke bagian pengujian dihalaman berikutnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES