Review MSI GTX 780 Twin Frozr Gaming OC: Kepler Nan Kencang dengan Feature Melimpah

Reading time:
August 25, 2013

Graphics Card

SONY DSC twin-frozr-iv

Graphics card ini tampil menarik dengan cover heatsink berbahan logam dengan sudut-sudut lancip sehingga membuat penampilan graphics card ini semakin gahar. Terlebih dengan perpaduan warna hitam dan merah, serta sebuah logo Gaming Series khas MSI yang terletak diantara kedua buah kipasnya. Solusi pendinginan Twin Frozr IV yang berperan untuk mendingikan graphics card ini dipersenjatai dengan dua buah kipas yang berukuran cukup besar.

SONY DSCSONY DSC

Untuk membantu proses penyebaran panas yang dihasilkan chip GPU, MSI menggunakan 5 buah heatpipe tembaga berlapis nikel bernama SuperPipe. Heatpipe ini memiliki tipe direct-contact atau bersentuhan langsung dengan chip GPU. Dari kelima heatpipe tersebut, MSI menggunakan 3 buah heatpipe dengan diameter 6 mm serta 2 buah heatpipe dengan diameter 8 mm. MSI juga mengklaim konfigurasi SuperPipe ini dapat menyebarkan panas dua kali lebih cepat dibandingkan dengan heatpipe konvensional sehingga panas yang dihasilkan oleh chip GPU dapat segera menyebar di sirip-sirip heatsink agar dapat segera ‘diusir’ oleh dua kipas diatasnya.

SONY DSC

MSI juga menggunakan heatsink dengan sirip-sirip yang lebar dan tebal dimana hal ini menciptakan area pelepasan panas yang luas. Dikombinasikan dengan kipas berdiameter lebar membuat seluruh area sirip-sirip heatsink mendapatkan pasokan udara mencukupi. Walaupun menggunakan heatsink beukuran besar, MSI tetap menjaga ketebalan graphics card ini supaya tidak melewati ketebalan dua buah slot PCI-E dimana hal ini menguntungkan pula pada saat menjalankan konfigurasi multi-GPU.

SONY DSC SONY DSC

Selain memberikan sistem pendinginan yang mumpuni untuk mendinginkan chip GPU, tidak lupa MSI juga memberikan lempengan logam berwarna hitam untuk mendinginkan komponen VRM dan chip memori. Berbeda dengan RAM-sink maupun heatsink VRM pada umumnya, lempengan logam ini tidak dilengkapi sirip-sirip di atasnya. Absennya sirip-sirip ternyata tidak membuat lempengan logam kehilangan kemampuan terbaiknya dengan tetap menjaga temperatur komponen tetap berada pada batas normal sehingga komponen tetap bekerja pada kondisi optimal.

Untuk menguji sistem pendinginan Twin Frozr IV dari GeForce GTX 780 milik MSI, kami menjalankan aplikasi Unigine Heaven dan mendapatkan hasil seperti dibawah ini:

MSI GeForce GTX 780 Twin Frozr Gaming OC (Silent Mode)

  • Full-load : 69 °C (fan speed: Auto @40%)
  • Idle : 30 °C (fan speed: Auto @34%)

MSI GeForce GTX 780 Twin Frozr Gaming OC (OC Mode)

  • Full-load : 67 °C (fan speed: Auto @55%)
  • Idle : 43 °C (fan speed: Auto @37%)

MSI GeForce GTX 780 Twin Frozr Gaming OC (Gaming/Normal Mode)

  • Full-load : 58 °C (fan speed: Auto @45%)
  • Idle : 30 °C (fan speed: Auto @34%)
SONY DSC

Untuk mensuplai daya ke graphics card ini, MSI tetap mengikuti reference NVIDIA dengan menyediakan satu buah konektor daya 6-pin PCI-E dan satu buah konektor daya 8-pin PCI-E

SONY DSC

Hadirnya dua buah slot SLI pada graphics card ini membuat para penggunanya dapat melipatgandakan kemampuan komputasi grafisnya hingga tiga kali dengan menggunakan maksimal tiga buah graphics card berbasis GeForce GTX 780.

 MSI Gaming APP

gamingapp

Seperti yang kami janjikan sebelumnya, pada tahap ini kami akan membahas mengenai MSI Gaming App. Sebuah utility yang cukup simpel dari MSI ini berfungsi untuk memilih tiga buah profil yang sudah disediakan oleh MSI. Ketiga profil tersebut adalah :

  • Silent Mode : Mode ini membuat graphics card berjalan pada base clock reference dari NVIDIA, serta menyalakan fitur power saving, sehingga graphics card akan perjalan pada clock minimun pada saat tidak digunakan, sehingga akan mengakibatkan penurunan kebutuhan daya yang signifikan juga. Pada unit yang kami terima, kami mendapatkan boost clock sebesar 980 MHz.
  • Gaming Mode : Gaming Mode akan membuat graphics card ini berjalan pada spesifikasi default dari MSI serta mematikan fitur power saving, sehingga graphics card akan terus berjalan pada boost clocknya. Pada unit yang kami terima, mode ini akan membuat graphics card berjalan terus pada boost clock sebesar 1032 MHz alias feature power saving tidak aktif.
  • OC mode : Sesuai dengan namanya, mode ini akan mengoverclock graphics card agar berjalan pada core clock yang lebih tinggi dibandingkan spesifikasi standarnya. Mode ini juga akan menonaktifkan fitur power saving. Pada mode ini, unit yang kami terima mendapatkan boost clock sebesar 1084 MHz.

Menurut pengamatan kami, program ini akan sangat membantu para pengguna awam yang menginginkan performa lebih cukup dengan menekan satu buah klik saja pada salah satu profile. Peningkatan boost clock maksimal pada OC Mode juga membuat peningkatan performa yang cukup mengigit. Sebagai tambahan kami juga melakukan perbandingan pada Gaming Mode dan Normal Mode jika pengguna tidak meng-install atau menjalankan MSI Gaming App ini. Kedua mode tersebut membuat graphics card berjalan pada spesifikasi yang ditentukan secara default oleh MSI. Akan tetapi jika memilih Gaming Mode melalui aplikasi tersebut ternyata akan menonaktifkan feature power saving. Hal tersebut tidak terjadi pada Normal Mode dimana feature power saving akan tetap aktif sehingga meningkatkan efisiensi penggunakan daya graphics card pada saat tidak membutuhkan tenaga maksimum.

SONY DSC

MSI GeForce GTX 780 TWIN FROZR GAMING dilengkapi dengan konektor display:

  • 1x DVI-D
  • 1x DVI-I
  • 1x HDMI
  • 1x DisplayPort

Graphics card ini mendukung konfigurasi multi-monitor NVIDIA Surround dengan menggunakan, maksimal, 4 buah monitor.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…