LOGO

Review Singkat: Sehari dengan BB10 Termurah Saat Ini, Blackberry Q5

Part: 1 2 3 4

Blackberry memang sering dijuluki sebagai “ponsel BBM doang”, tidak seperti para pesaingnya, Android dan iPhone, yang saat ini disebut sebagai smartphone. Hal ini memang kadang tidak dapat dipungkiri karena perangkat Blackberry sampai di OS7 tidak memiliki aplikasi sebanyak dua pesaingnya. Di lain pihak, pengguna Android dengan harga termurah pun dapat menikmati ribuan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkatnya.

Blackberry Q5

Hal ini berubah pada saat Blackberry mengeluarkan sistem operasi BB10. Kami pun cukup terkejut dengan perubahan drastis Blackberry 10 pada saat melakukan review mendalam Blackberry Z10 lalu. Sayang memang, dengan spesifikasi yang ada, Blackberry Z10 dinilai oleh kebanyakan orang memiliki harga yang sangat tinggi. Dengan spesifikasi dual core tersebut, perangkat dengan sistem operasi Android dan Windows Phone 8 saja memiliki harga tidak lebih dari lima juta rupiah. Bahkan saat ini smartphone dual core Android berada pada level di bawah dua juta!

Blackberry Q5 - Tampak Belakang

Blackberry pun akhirnya mengeluarkan smartphone yang memiliki harga tidak lebih dari empat juta rupiah. Perangkat tersebut memiliki nama Blackberry Q5. Menyandang titel Q, berarti perangkat ini menggunakan keyboard fisik untuk mengetik kata dan kalimat. Tidak ketinggalan, layar yang digunakan pun juga menggunakan feature sentuh yang sepertinya sudah menjadi standar smartphone saat ini. Uniknya, Blackberry Q5 menggunakan model unibody, sehingga Anda tidak dapat mengganti baterai sendiri. Anda harus pergi ke service center untuk melakukan hal tersebut.

Dengan munculnya Blackberry Q5 yang lebih murah ini, terdapat satu pertanyaan mendasar. Apa perbedaan dari Q10 dan Q5 selain dari sisi harga? Tidak banyak yang berbeda dari Q10 dan Q5. Kami pun berhasil mengumpulkan informasi mengenai perbedaan yang terlihat dari keduanya, selain bentuk desain tentunya.

Spesifikasi Blackberry Q10 Blackberry Q5
Prosesor Cortex A9 Dual Core 1,5 GHz Dual Core 1,2 GHz (A5/Krait?)
RAM 2 GB 2 GB
Internal storage 16 GB 8 GB
Resolusi Kamera 8 MP 5 MP
Desain Keyboard Desain Bold Desain Curve
Bobot (gram) 139 120
Dimensi (mm) 119.6 x 66.8 x 10.4 120 x 66 x 10.8

Satu hal terakhir yang berkali-kali kami sudah utarakan tetapi masih tetap banyak ditanyakan adalah masalah konektivitas. Blackberry Z10, Q10, dan Q5 sudah tidak lagi menggunakan Blackberry Internet Service. Oleh karenanya, Anda pun masih dapat berhubungan dengan rekan Anda yang menggunakan Blackberry lama saat terhubung dengan hotspot gratis yang ada di mal-mal seluruh Jakarta. Selain itu, operator Seluler pun juga membuat paket internet khusus untuk Blackberry 10. Paket internet ini bukanlah Blackberry Internet Service. Jadi, dengan menggunakan paket internet biasa untuk smartphone lainnya pun juga membuat perangkat Blackberry 10 dapat digunakan.

Part: 1 2 3 4

Random Articles
Back to Top