LOGO

Review Toshiba Satellite C40D-A: Notebook dengan AMD “Kabini” A4-5000

Part: 1 2 3 4

Toshiba Satellite C40D-A_1

Setelah beberapa waktu lalu kami menghadirkan pengujian notebook yang dipersenjatai dengan prosesor AMD terbaru dengan kode Temash, kali ini kami mendapatkan kesempatan untuk menjajal notebook yang di dalamnya telah tertanam prosesor AMD baru yang lain dengan kode Kabini. Kedua prosesor ini masuk dalam jajaran prosesor AMD jenis APU (Accelerated Processing Unit). Prosesor AMD APU Kabini diperuntukkan untuk perangkat mobile seperti notebook di kelas entry-level dan juga mainstream. Kabini masih berbasiskan arsitektur sama seperti Temash yaitu core Jaguar untuk unit CPU dan GCN (Graphics Core Next) untuk unit GPU.

AMD telah mempersiapkan 5 buah varian prosesor APU Kabini yang terdiri dari A-series dan E-series dan yang kami temukan pada unit notebook Toshiba type Satellite C40D-A adalah prosesor AMD APU Kabini seri AMD A4-5000 yang didalamnya telah telah terintegrasi graphics AMD Radeon. Prosesor AMD APU Kabini diklaim mampu bersaing dengan prosesor Intel Pentium, Core i3, dan Core i5 tipe tertentu. Dengan performa seperti itu perangkat dengan prosesor AMD APU Kabini diklaim memiliki daya tahan baterai lebih dari 700 menit. Lalu seperti apa bentuk dan kinerja dari notebook Toshiba Satellite C40D-A ini, akan kami bahas pada tulisan kami di bawah ini.

Toshiba Satellite C40D-A_3

 

Toshiba Satellite C40D-A mempunyai dimensi layaknya sebuah notebook dengan ukuran layar 14″ sehingga kurang cocok untuk diajak mobile, mengingat beratnya yang mencapai 2 KG. Untuk casing, notebook ini menggunakan finishing berwarna hitam glossy sehingga terlihat mengkilap, tetapi hal ini menyebabkan notebook Anda harus sering dibersihkan dari bekas cap tangan yang menempel pada bagian penutup layar LCD. Menurut kami, ketika kami pegang, notebook ini kurang terasa solid karena di beberapa tempat masih terasa “kosong”.

Anda dapat melihat spesifikasi yang tertanam di dalam Toshiba Satellite C40D-A ini di bawah. Bila Anda masih belum mengetahui tentang AMD Temash, Anda dapat membacanya lebih lanjut pada artikel ”AMD Resmi Hadirkan APU Temash, Kabini, dan Richland Versi Mobile“.

Spesifikasi
Processor AMD A4 5000 APU
Speed 1.5GHz
Memori DDR3 2GB
Storage Hard disk 500GB
Graphics AMD Radeon HD8330
Layar 14″ 1366×768
Konektivitas WiFI 802.11bgn
USB 2.0 2
USB 3.0 1
Audio in/out 1
Card Reader 1
HDMI 1
D-Sub 1
Ethernet 1
Optical Drive DVDRW
Operation system Microsoft Windows 8
Baterai 4400mAh
Ukuran (mm) 340x233x32.9
Berat (kg) 2.02

AMD APU yang ditanamkan dalam notebook Toshiba Satellite C40D-A adalah jenis AMD A4-5000 yang mempunyai empat core atau quad core dengan kecepatan 1.5 GHz dengan TDP yang cukup rendah, 15W. Untuk menunjang kinerja prosesor AMD ini, Toshiba memberikan memory DDR3 sebesar 2 GB yang dapat Anda upgrade hingga mencapai 6 GB. Di dalam prosesor AMD ini telah tertanam AMD Radeon HD 8330 yang kami rasa cukup bertenaga untuk memainkan game 3D. Untuk penyimpanan data, Toshiba memberikan sebuah hard disk dengan kapasitas 500GB.

Toshiba Satellite C40D-A_4

 

 

Ukuran layar yang digunakan juga cukup mendukung penggunaan untuk berbagai hal karena menggunakan ukuran sebesar 14″ dengan resolusi 1366×768. Toshiba Satellite C40D-A menggunakan layar glossy yang nantinya akan sedikit mengganggu Anda saat digunakan karena akan menangkap bayangan di sekitar Anda. Namun, Anda dapat meminimalisasikannya dengan menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Part: 1 2 3 4
Random Articles
Back to Top