in: Tips | August 2, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Tetap Terhubung ke Internet Selama Perjalanan Mudik

Untuk Anda yang akan menempuh perjalanan jauh dalam rangka mudik menjelang Hari Raya Lebaran, mungkin salah satu hal yang akan Anda pikirkan adalah bagaimana untuk tetap terhubung ke Internet selama Anda berada di perjalanan. Akses Internet selama di perjalanan, terutama bila Anda menempuh perjalanan darat, akan banyak bermanfaat, misalnya untuk mendapatkan informasi terkini terkait rute perjalanan, kondisi jalan, atau hanya sekedar untuk berbagi informasi dengan kerabat melalui media sosial.

Saat ini, akses Internet memang sudah semakin mudah didapatkan. Anda bisa menemukan berbagai jenis perangkat yang bisa dengan mudah menghubungkan Anda ke Internet, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk tetap terhubung ke Internet selama berada dalam perjalanan. Kami akan mencoba membahas beberapa alternatif yang bisa Anda pilih untuk akses Internet selama berada di perjalanan yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis perangkat yang Anda bawa.

1. WiFi Hotspot

wifi-640x353

Dalam beberapa tahun belakangan ini, WiFi Hotspot, baik gratis maupun berbayar, sudah mudah ditemui di berbagai sudut kota. Memanfaatkan WiFi Hotspot ini untuk tetap terhubung ke Internet selama perjalanan mudik mungkin merupakan cara yang kurang praktis karena Anda harus berada di suatu lokasi tertentu selama Anda butuh untuk terhubung ke Internet. Namun, bila Anda membawa kendaraan sendiri untuk perjalanan mudik, beristirahat sejenak setelah mengemudi selama beberapa jam sambil berselancar di Internet di tempat-tempat yang menyediakan WiFi Hotspot bisa jadi merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran.

wifi cafe

Perlu diingat, dalam memilih WiFi Hotspot untuk menghubungkan diri ke Internet, pilihlah Hotspot yang disediakan oleh pihak yang terpercaya. Terkadang, ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan “topeng” Hotspot Gratis untuk mencuri data-data dari korbannya. Jadi, ketika memilih WiFi Hotspot, selalu usahakan untuk memilih WiFi Hotspot yang disediakan oleh pihak yang namanya bisa Anda percayai.

2. Modem 3G

it_photo_13497

Jaringan Internet berbasis seluler 3G sudah mudah ditemui dan jangkauannya pun semakin luas. Hampir semua operator seluler di Indonesia sudah memiliki jaringan yang bisa dikatakan mencakup hampir semua jalur-jalur penting yang ada di pulau-pulau besar di Indonesia. Memanfaatkan sebuah modem 3G yang terhubung ke laptop bisa jadi salah satu alternatif mudah untuk tetap terhubung ke Internet selama Anda berada dalam perjalanan mudik.

Modem 3G sangat mudah ditemui dan harganya pun tidak terlalu mahal.
Modem 3G sangat mudah ditemui dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Berdasarkan pengamatan kami, beberapa operator seluler di Indonesia sudah tidak lagi menjual paket yang didalamnya menyertakan modem 3G. Namun, Anda bisa dengan mudah mendapatkan modem 3G berbasis USB yang disediakan oleh berbagai produsen di toko-toko komputer terdekat. Hampir semua modem yang dijual tersebut juga kompatibel dengan berbagai operator seluler yang ada. Hanya saja, perlu Anda perhatikan ketika memilih modem, jangan sampai Anda membeli modem tidak sesuai dengan jenis layanan seluler yang Anda gunakan, misalnya Anda membeli modem 3G berbasis GSM ketika Anda ingin menggunakan paket Internet dari operator berbasis CDMA.

Membagi akses Internet dari modem 3G bisa dilakukan dengan wireless router berukuran kecil. Sayangnya, Anda tetap membutuhkan sumber listrik untuk melakukannya.
Membagi akses Internet dari modem 3G bisa dilakukan dengan wireless router berukuran kecil. Sayangnya, Anda tetap membutuhkan sumber listrik untuk melakukannya.

Satu hal yang mungkin Anda rasa kurang dari penggunaan modem ini, modem 3G yang ada di pasaran kebanyakan hanya mendukung koneksi ke 1 perangkat saja, yaitu perangkat dimana modem terhubung langsung melalui port USB. Untuk membagi koneksi Internet dari modem tersebut ke beberapa perangkat, Anda akan membutuhkan perangkat tambahan seperti wireless router atau menggunakan aplikasi virtual router di laptop.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES