in: News | August 15, 2013 | by: Ozal

Timeline BlackBerry (1985-2013): Dari RIM menjadi RIP?

Blackberry

BlackBerry, pembuat smartphone dengan nama yang sama mengumukan, telah membentuk sebuah komite guna memilih strategi bisnisnya, apakah dijual, joint venture (usaha patungan), atau kemitraan. Berbagai keterpurukan terus melandanya. Mungkinkah, perusahaan yang pada 2008 silam sempat bernilai US$ 84 miliar itu, kini tengah menghadapi “ajalnya”.

Berikut ini timeline perusahaan yang dulunya didirikan dengan nama Research in Motion pada 1985 silam dan kini menjadi BlackBerry, dihimpun dari Telegraph.

Kebangkitan

Kebangkitan

Februari 1985 – Mike Lazaridis dan Douglas Fregin mendirikan Research In Motion (RIM). Keduanya ingin RIM fokus ke bisnis eletronik dan ilmu komputer. Perusahaan itu berbasis di Waterloo, Ontario. Wilayah di mana Lazarridiskuliah di Universitas Kanada.

1989 – RIM mengembangkan jaringan gateway yang kemudian diperkenalkan sebagai RIMGate. Teknologi tersebut asal mula dari layanan BlackBerry Enterprise Service yang dikenal sekarang ini.

1992 – Jim Balsillie bergabung ke RIM dan menjabat sebagai co-CEO. Bahkan, Ia hingga menggandaikan rumahnya untuk berinvestasi di RIM dengan nilai US$ 250.000. Ia melihat RIM punya peluang sukses di masa depan.

1994 – Rim meluncurkan perangkat card reader point-of-sales. Perangkat genggaman itu digunakan untuk memverifikasi traksaksi debit dan kredit, langsung ke bank.

1995 – RIM membangun modem radio sendiri untuk keperluan email nirkabel.

Oktober 1997 – RIM melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Saham Toronto, Kanada dengan kode saham “RIM”. Pihaknya pun pada waktu itu, berhasil mengumpulkan dana hingga US$ 115 juta.

Januari 1999 – RIM meluncurkan layanan email dengan merek dagang “BlackBerry” di seluruh wilayah Amerika Utara. Mereka juga menawarkan perangkat nirkabel pertama yang dapat terhubung dengan sistem email perusahaan. Penjualannya melonjak 80 persen menjadi US$ 85 juta. Bahkan pada 1999, pendapatannya mencapai US$ 221 juta.

Akhir 1999 – RIM mendaftarkan sahamnya di bursa NASDAQ dengan simbol (RIMM). Pihaknya berhasil mengumpulkan dana hingga US$ 250 juta. Selain itu, RIM juga memperkenalkan BlackBerry 850 Wireless Handheld, email terhubung, jaringan data nirkabel, dan keyboard tradisional “QWERTY”. Permintaan pasar pun meledak.

11 September 2001 – Ketika terjadi tragedi World Trade Center (WTC), New York, banyak orang terjebak di dalam reruntuhan gedung WTC, menggunakan BlackBerry untuk berkomunikasi data. Pasalnya, jaringan selular pada saat itu mati total.

November 2001 – Perusahaan yang menemukan teknolgi wireless email dan desain Antena RF, NTP menggugat RIM karena pelanggaran paten dalam sistem email nirkabel. Hasilnya, Departemen Kehakiman AS pun perintahkan RIM untuk membayar kerusakan paten sebesar US$ 53 juta dan biaya hukum NTP US$ 4,5 juta.

2002 – RIM menambahkan teknologi transmisi suara ke BlackBerry.

Kejayaan

Kejayaan

2004 – Basis pengguna perangkat BlackBerry untuk pertama kalinya, melampaui satu juta pelanggan.

Maret 2006 – RIM dan NTP kembali bersengketa di meja hijau. RIM pun kalah dan mesti membayar hingga US$ 612 juta.

Januari 2007 – Guna menghadapi dominasi Blackberry di pasar smartphone, Apple yang waktu itu masih dipimpin mendiang Steve Jobs, memperkenalkan iPhone untuk pertama kalinya. Majalah TIME pun meberikan pengharga kepada iPhone sebagai “Invention of the Year”.

Oktober 2007 – Pelanggan RIM melewati angka sepuluh juta. Pada waktu itu, RIM didapuk menjadi perusahaan paling berharga di Kanada, berdasarkan kapitalisasi pasar.

November 2007 – Google memperkenalkan platform open source, Android dan diluncurkan pada Oktober 2008.

Mei 2008 – RIM mulai memperkenalkan BlackBerry Bold. Perangkat tersukses dari segi penjualan yang pernah dibuat RIM.

November 2008 – Merasa “iri” teknologi “minim tombol” di iPhone, RIM pun meluncurkan smartphone layar sentuh pertamanya, BlackBerry Storm dan keyboard menjadi bentuk virtual. selang setahun berikutnya, tepatnya pada Juni 2009, perangkat iPhone sudah hadir ke versi yang lebih baru, yakni iPhone 3GS.

2009 – Toko aplikasi RIM App World diluncurkan pada April.

Juni 2010 – RIM membayar 200 juta dolar Kanada kepada QNX Software Systems guna mendapatkan sistem operasi yang digunakan pada router internet, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan sistem hiburan di mobil. Di bulan yang sama, Apple juga telah meluncurkan iPhone 4.

Agustus 2010 – RIM meluncurkan BlackBerry Torch, smartphone layar sentuh dengan keyboard slide-out dan meningkatkan teknologi pada broser web-nya.

27 September 2010 – RIM memperkenalkan tablet pertamanya (sekaligus jadi yang terakhir dan satu-satunya), PlayBook. Tepatnya pada 19 April 2011, PlayBook diluncurkan di Amerika Serikat

Desember 2010 – RIM mengakuisisi perusahaan user-interface, The Astonishing Tribe.

Febuari-Maret 2011 – Salah satu pesaing terberat RIM, Nokia mulai menceraikan Symbian dan meminang Mcrosoft untuk membesut sistem operasi baru. Begitupun juga dengan Apple yang telah meluncurkan iPad generasi keduanya pada Maret tahun yang sama.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES