LOGO

Tips Membawa Notebook di Perjalanan

MudikLebaranIdulFitri231375522015_preview

Membawa notebook atau laptop di saat berpergian tidak segampang membalik telapak tangan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membawa perangkat notebook itu. Bila tidak maka notebook Anda bisa mengalamiu kerusakan yang serius. Kami akan mencoba memberikan beberapa tips ringan cara membawa dan mempersiapkan peralatan penunjang untuk membuat Anda dapat menghidupkan notebook di perjalanan dan mengamankan notebook Anda dari beberapa hal yang tidak diinginkan. Selamat membaca!

1. Cara Membawa

notebook backpack

 

Pastikan Anda membawa notebook tersebut dalam tas yang memang dikhususkan untuk notebook karena biasanya di dalamnya mempunyai bagian yang keras. Bagian tersebut berguna untuk menahan bagian bawah notebook, sama seperti ketika Anda menaruhnya di meja. Ketika memasukkan notebook ke tas, pastikan bagian bawah notebook mengarah seolah menempel dengan punggung atau anggota badan lainnya. Bagian bawah bawah notebook tersebut lebih kuat menahan tekanan dibandingkan dengan penutup LCD.

Tips lain, jangan terlalu banyak membawa barang bawaan pada tas Anda. Pada akhirnya, beban yang terlampau berat akan menekan layar dan mengakibatkan kerusakan pada layar. Jangan memasukkan notebook ke dalam koper karena notebook Anda akan tergencet dengan barang bawaan Anda lainnya.

2.     Charger dan Kabel Listrik

0013

Jangan lupakan yang satu ini bila Anda harus berpergian untuk beberapa hari. Tanpa perangkat ini notebook yang Anda bawa akan sia-sia karena akan kehabisan baterai sebelum sampai tujuan. Bila Anda merasa charger yang disertakan dalam paket penjualannya terlalu besar dan berat, Anda dapat menggantinya dengan charger yang banyak dijual di pasaran dengan bentuk yang lebih ramping, tipis, dan ringan.

Bila dana tidak mencukupi untuk membeli adaptor ramping, Anda bisa mencari jalan lain dengan mengganti kabel power listrik dengan yang lebih pendek. Biasanya kabel yang diberikan pada paket penjualan mempunyai panjang 1.5 meter. Anda dapat menggantikannya dengan kabelsejenis yang memiliki panjang hanya 30cm. Selain itu, hindari penggunaan adaptor tambahan.

3.     Baterai dan Power Inverter

dc-ac-power-inverter-1

 

Bila Anda merasa kurang puas dengan daya tahan hidup notebook Anda saat ini, maka satu hal yang paling mudah dilakukan adalah meng-upgrade baterai dengan kapasitas yang lebih besar. Tentu hal ini dapat menguras dana Anda. Sebelum Anda melakukan upgrade kapasitas daya, mungkin Anda bisa pertimbangkan hal ini.

Bila Anda menggunakan roda empat pribadi untuk perjalanan mudik Anda maka kami sarankan Anda membeli power inverter yang dapat mengubah arus listrik mobil ke arus listrik rumah, sehingga tidak saja Anda dapat melakukan charging bagi notebook tetapi bisa juga untuk perangkat gadget atau smartphone Anda. Selain itu AC/DC converter juga akan sangat membantu sekali untuk mengisi ulang daya baterai bila Anda menggunakan kendaraan pribadi.

4. Persiapan di Saat Hujan

1

Untuk Anda yang kendaraan roda dua, hujan akan menjadi sangat menyebalkan terutama saat Anda sedang membawa berbagai perangkat mobile, seperti notebook, tablet, dan perangkat smartphone. Semua perangkat tersebut bisa saja rusak apabila terkena air. Saat ini, perangkat mobile yang didesain untuk tahan air masih belum banyak. Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga perangkat-perangkat tersebut di kala hujan? siapkan Rain cover karena cover ini akan melindungi bagian depan tas Anda beserta isinya. Sayangnya, saat dalam keadaan terpakai, bagian yang menempel ke punggung tidak terlindungi. Kemungkinan besar, air akan merembes ke bagian dalam tas sehingga Anda perlu memberikan perlindungan ekstra.

Zip lock back atau plastik klip merupakan alat yang murah dan sangat efektif. Plastik jenis ini biasanya dapat ditemukan di pasar swalayan dan digunakan untuk membungkus makanan dalam berbagai ukuran. Anda akan menemukan banyak plastik dalam satu paket sehingga Anda akan memiliki banyak cadangan. Pilihlah sesuai dengan ukuran yang diperlukan dan memiliki bahan yang tebal dengan pengunci clip yang kuat.

Sebelum memasukkan notebook ke dalam tas atau plastik clip, ada baiknya melepas baterainya terlebih dahulu untuk memastikan tidak terjadi hubungan arus pendek yang berakibat kerusakan bila barikade tetap tertembus air karena rusak atau robek.

Random Articles
Back to Top