Twitter Akuisisi Trendrr

Author
Ozal
Reading time:
August 29, 2013

Microblogging Twitter mengumkan telah mengakuisisi sebuah perusahaan analis media sosial yang berfokus pada televisi dan melayani merek besar seperti, ABC, MTV, Telemundo, dan Univision.

twitter 2 (1)

Dalam sebuah postingan di blog Trendrr mengatakan bahwa mereka bergabung dengan Twitter karena ingin menekankan pada data real-time yang ada di jejaring sosial itu. Perusahaan berumur lima tahun itu membantu perusahaan media guna memahami bagaimana orang menggunakan media sosial saat menonton program TV. Dengan begitu, stasiun TV dapat melihat rating program yang telah disiarkannya.

Selain itu, Twitter berjanji akan menghormati kontrak yang telah dijalin Trendrr ke perusahaan TV lainnya. Ini artinya, perusahaan tidak akan mengganggu gugat lini bisnis utama Trendrr, setidaknya dalam waktu dekat.

“Setelah duduk di persimpangan TV dan media sosial selama bertahun-tahun, kami telah menganalis data dari banyak platform. Apa yang membuat Twitter unik di antara platform lainnya yakni ada koneksi yang hidup. Orang-orang saling berbagi tentang apa yang terjadi kepada dunia melalui Twitter. Kami pikir, kami dapat membantu perkuat hubungan itu di dalam Twitter,” kata CEO Trendrr, Mark Ghunem yang enggan menyebut nilai akuisisi itu, dilansir Cnet.

Sekedar catatan, Trendrr pertama kali diluncurkan pada 2007 silam dan dikembangkan oleh badan digital Wireddset. Baru-baru ini, pihaknya telah merilis sebuah laporan terbaru yang cukup unik. Trendrr menemukan, diskusi mengenai program TV melalui Facebook, lima kali lebih banyak dari Twitter.

Twitter (1)

Ini bukan pertama bagi Twitter membeli perusahaan analis yang bergerak di bidang itu. Sebelumnya pada Februari lalu, Twitter juga telah membeli perusahaan analis TV, Bluefin Labs. Bagi Twitter, hubungan acara televisi dengan Twitter menjadi makin penting sebagai data real-time untuk menjadi patokan sebuah rating program TV. Perusahaaan itu juga baru saja mempekerjakan seorang mantan eksekutif Google guna menjaring iklan dari pihak stasiun TV maupun pihak produksi film.

CEO Twitter, Dick Costolo memang tengah memperluas layanan jejaring sosialnya itu dengan menargetkan pengguna agar berkicau tentang acara televisi apapun yang mereka nonton. Sehingga unit pemasaran di stasiun TV maupun pemasang iklan secara bersamaan mampu menjangkau seberapa besar rating acaranya melalui pengguna Twitter. Pihakya juga telah menjalin kemitraan dengan pembuat acara TV, seperti Walt Disney ESPN, Viacom MTV, Nickelodeon, Time Warner, TNT, TBS, dan CNNN. Kerja sama itu memungkinkan mitranya dapat mempromosikan video streaming acara di laman timeline Twitter.

Beberapa waktu lalu, perusahaan pengukur rating media, Nielsen juga menemukan, aktivitas pengguna melalui kicauannya di micro blogging Twitter dapat meningkatkan rating acara televisi. Itu ditemukan Nielson setelah menganalis 221 program televisi prime-time. Dari hasil pantaunya, sebanyak 44 persen pengguna twitter mengomentari acara reality show, lalu diikuti dengan acara komedi sebanyak 37 persen. Sementara itu, acara olahraga dan drama, masing-masing memilliki porsi 28 dan 18 persen.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…