LOGO

Video Definisi Tinggi Siap Hadir di Google Hangouts

Google Hangouts

Google Hangouts bersiap untuk hijrah ke video berdefinisi tinggi 720p untuk streaming mereka. Sejumlah pengguna terpilih telah menjadi bagian uji coba feature terbaru ini.

Laporan terbaru dari GigaOm mengonfirmasi berita ini, upgrade terbaru dari Google Hangouts akan mengubah protokol video mereka  menjadi video HD 720p. Selain itu, Google juga dikabarkan telah mengubah beberapa protokol jaringan mereka untuk Google Hangouts agar layanan ini bisa digunakan tanpa perlu menginstall plugin-plugin tertentu lagi.

Untuk video, Google akan mengganti codec H.264 yang selama ini telah mereka gunakan dan menggantinya denga VP8. Codec VP8 ini milik Google sendiri yang mereka dapatkan pada tahun 2010 kemarin setelah mereka membeli On2 Technologies. Penggunaan codec baru ini diklaim Google akan menurunkan penggunaan daya pemrosesan, yang memungkinkan komputer biasa untuk menjalankan 10 video 720p secara bersamaan. Codec VP8 ini juga diklaim memungkinkan video streaming yang lebih berkualitas dengan transfer bitrate rendah. Plugin codec H.264 akan masih digunakan terutama untuk browser yang belum mendukun VP8 seoerti IE, Safari dan sejumlah browser lama.

Langkah berikutnya yang akan diambil oleh Goggle Hangouts adalah mengupgrade sistem mereka untuk mengimplementasi WebRTC. WebRTC adalah standar video chat berbasis browser yang dikembangkan secara open source oleh Google. Kombinasi antara WebRTC dengan VP8 akan memungkinkan Hangouts berfungsi tanpa menggunakan plugin sama sekali, terutama untuk browser modern. Walau standar WebRTC sudah ada lebih dari dua tahun, namun standar ini masih memiliki kendala sebelum dapat digunakan secara menyeluruh.

Google Hangouts HD sudah mulai diujicobakan ke sejumlah user dan menurut Vic Gundotra, head of Google+, feature ini akan mulai diberikan ke seluruh pengguna secara bertahap mulai “beberapa minggu ke depan”.

via GigaOm

Random Articles
Back to Top