AMD Umumkan Mantle, Senjata Baru Untuk Tingkatkan Performa PC Gaming

Reading time:
September 26, 2013
Mantle_Radeon

Sebagai bagian dari rangkaian acara AMD GPU14 TECH DAY yang tengah diselenggarakan AMD di Hawaii, perusahaan tersebut memperkenalkan sebuah proyek yang disebut sebagai Mantle. Mantle ini merupakan perwujudan upaya AMD dalan mendukung pengembangan PC Game, dimana perusahaan tersebut menggunakan Mantle ini untuk membantu developer game menghasilkan game yang dapat memanfaatkan kemampuan penuh dari pengolah grafis masa kini.

PC dan Console : Punya Kelebihan Masing-masing

Mantle_JohanA

Sebelum AMD Mantle diperkenalkan, Johan Andersson, Technical Director di Frostbite, berbicara sedikit mengenai asal-usul pengembangan Mantle.

Mantle_PCPlus Mantle_PCMinus

Seperti bisa dilihat diatas, PC merupakan sebuah platform gaming dengan potensi luar biasa secara performa. Sayangnya kadang  hal ini tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal, karena keterbatasan di coding, overhead atau ketidak-efisienan dari API(Application Programming Interface), serta banyaknya varian hardware yang harus didukung.

 

Mantle_ConsoleAdvantage

Sebagai lawannya, konsol memiliki keterbatasan dengan model dan kemampuan hardware yang terbatas, namun memiliki potensi untuk dioptimalkan semaksimal mungkin, serta memiliki sistem operasi yang tidak memakan resource besar, dan juga akses ke memori sistem(baik CPU maupun GPU) yang lebih baik.

 

Mantle_whatIndustryWant

Melihat kedua karakteristik yang berbeda antara PC dan Console game tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa industri game membutuhkan sebuah sistem yang mewarisi kelebihan PC (skalabilitas dan upgradeable, serta performa tinggi), dan juga kelebihan console(optimalisasi ‘habis-habisan’ dari sebuah hardware). Apa solusi yang bisa memberikan kemampuan ini?

 

Mantle: API Khusus AMD, Hadirkan Performa dan EfisiensiTinggi

Mantle_1

Perkenalkan, Mantle.

Mantle adalah sebuah model pemrograman grafis baru yang mengusung bahasa yang dimengerti langsung(native language) oleh arsitektur pengolah grafis yang digunakan AMD saat ini, Graphics Core Next (GCN). Penggunaan model pemrograman baru tersebut dalam game akan membawa optimasi dari segi hardware yang benar-benar mendalam untuk sisi grafis. Tentu saja, hal tersebut dimungkinkan karena Mantle benar-benar dirancang khusus untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari arsitektur GCN.

Jadi, mantle akan menjadi semacam API (‘DirectX’) yang hanya diimplementasikan kepada AMD GPU yang menggunakan arsitektur GCN, dengan optimasi hardware luar biasa.

 

Battlefield 4 : Game Pertama yang mendukung Mantle API

Pengembangan Mantle sendiri tidak lepas dari DICE/EA, karena game Battlefield 4 akan menjadi tempat percobaan pertama untuk Project Mantle.

Mantle_2

Seperti bisa dilihat diatas, BF4 akan diluncurkan pertamakali menggunakan API DirectX 11.1, namun akan ada update di bulan Desember nanti untuk mengaplikasikan Mantle API update.

Mantle_inFrostBite

Apa yang didapatkan dari penggunaan API Mantle pada GPU Radeon yang kompatibel? Tentu saja performa gaming yang optimal!  API Mantle akan memberikan dukungan dan akses penuh kepada GPU yang bersangkutan, serta berbagai optimasi hingga level terendah(low-level) sekalipun. Pada implementasi BF4, Mantle API akan mengijinkan game untuk memanfaatkan semua kemampuan CPU yang kita miliki, hingga 8 Core!

Dengan solusi ini, kita dapat mengucapkan selamat tinggal pada masa-masa dimana GPU dan CPU tidak dimanfaatkan secara sepenuhnya. PC Gamer, rejoice!

 

Potensi Performa Tinggi

Mantle_5

Optimasi dari Mantle terdengar menarik? Tentu saja! Menurut AMD sendiri, Mantle akan memberikan peningkatan performa di bagian draw call (bagian dimana driver GPU akan melakukan tugas me-render gambar), dan mantle API akan mengijinkan peningkatan performa draw call ini hingga 9X! Selain itu, seperti yang kami utarakan diatas, Mantle akan memberikan performa lebih tinggi dengan mengijinkan akses sepenuhnya ke semua fitur-fitur milik GPU.

Mantle_4

Yang lebih menarik lagi? Mantle API akan kompatibel dengan bahasa DirectX hingga level tertentu, hingga memudahkan para developer untuk mem-porting engine game berbasis directX API mereka ke Mantle API.

 

Mantle: Mari Tunggu Implementasinya!

Mantle_6i

Konsep API Mantle nampaknya sangat ‘menyeramkan’. Bayangkan saja, kalau diimplementasikan dengan tepat oleh para game developer, Mantle ini bisa memberikan optimasi hardware semaksimal mungkin pada PC, dan mungkin bisa memberi gebrakan besar pada implementasi PC Gaming. Seperti apa implementasi mantle? Mari tunggu bersama!

*Menurut informasi terakhir dari AMD, info terbaru seputar mantle akan dipaparkan lebih jauh lagi pada AMD Developer Summit bulan November 2013 nanti*

 

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…