in: News | September 3, 2013 | by: Cerira

Kyocera Kembangkan Selaput Speaker Super Tipis untuk TV, PC dan Tablet

Beberapa waktu yang lalu LG mengumumkan OLED TV terbarunya berukuran 55 inch dan berdesain lengkung. Ada satu fitur unik yang dibenamkan dalam TV tersebut. Dalam sistem audionya ternyata LG menggunakan selaput speaker yang dikembangkan oleh Kyocera dimana keunggulan selaput speaker tersebut adalah sangat tipis yang disebut dengan Smart Sonic Sound. Hasilnya, selain performa tetap prima, TV lengkung LG tersebut juga menjadi sangat tipis, yakni hanya setebal 4.3mm.

piezo-film-speaker-smart-sonic-sound-6

Selaput speaker super tipis tersebut diciptakan oleh perusahaan asal Jepang, Kyocera Corporation. Kyocera berhasil mengombinasikan aktuator piezoelektrik dengan selaput getah khusus untuk menghasilkan selaput speaker piezo yang lebih tipis dan lebih ringan dibanding speaker elektromagnetik konvensional tetapi dengan level audio yang setara. Jika saat ini inovasi tersebut baru dibenamkan di produk terbaru besutan LG, maka ke depannya akan didesain untuk TV lainnya, komputer hingga tablet dimana nantinya bisa ditempatkan di bagian depan produk, dan bisa mengurangi dimensi secara keseluruhan dan memperluas opsi desain.

Smart Sonic Sound terdiri dari tiga ukuran, di mana yang terbesar berukuran 70 x 110 x 1.5 mm dengan berat 23g serta jangkauan frekuensi 200 Hz hingga 20 kHz. Versi medium berukuran 35 x 65 x 1.0 mm dan berat 7g serta jangkauan frekuensi 500 Hz hingga 20 kHz. Sedangkan speaker terkecil berukuran 19.6 x 27.5 x 0.7 mm berat hanya 1g frekuensi output 600 Hz hingga 20 kHz. Menurut Kyocera, arah proyeksi dari gelombang suara yang dihasilkan selaput speaker ini akan lebih seimbang dibanding speaker tradisional karena aktuator Piezo dan lapisan terlaminasi akan menciptakan suara melalui vibrasi atau getaran.

piezo-film-speaker-smart-sonic-sound

Kualitas suara dan volume yang dihasilkan disampaikan hampir pada level yang setara dalam jangkauan 180 derajat, menciptakan representasi audio yang lebih presisi. Kyocera juga menyatakan bahwa Smart Sonic Sound mampu mereproduksi ‘suara yang halus dan terperinci misal suara air hujan dan efek background, dengan kejernihan yang lebih tinggi’ sehingga mampu meningkatkan playback audio untuk pengalaman mendengarkan yang lebih nyata.

Smart Sonic Sound sendiri merupakan produk aktuator piezoelektrik kedua yang dibawa Kyocera ke ranah digital. Sebelumnya ada Smart Sonic Receiver yang diperkenalkan Kyocera pada tahun 2012 dan didedikasikan untuk smartphone yang dijual di Jepang dan Amerika Utara. Seri yang satu ini menggunakan aktuator keramik untuk mengirim getaran, melalui konduksi jaringan dan konduksi udara tradisional melalui layar display tanpa dibutuhkan lagi penggunaan earphone tradisional ataupun loudspeaker. Sedangkan Sonic Smart Sound sendiri menggunakan inti teknologi yang sama namun dengan implementasi berbeda yang akan menguatkan konduksi udara.

Selain Smart Sonic Receiver dan Smart Sonic Sound, Kyocera juga mengembangkan sejumlah produk aktuator piezo lainnya menggunakan teknologi keramik dan laminasi terbaik dari perusahaan tersebut. Salah satu contoh terpopuler untuk aktuator untuk kendaraan dengan mesin diesel dan aktuator digunakan dalam print head printer tercepat di dunia. Kyocera sendiri memiliki rencana besar untuk mengembangkan lebih jauh lagi penggunaan teknologi aktuator dalam bidang otomotif dan pasar piranti digital, khususnya pada produk dengan ukuran dan berat yang ketat dan membatasi faktor desain.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES