in: News | September 28, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Laptop Touch Screen dan Chromebook Selamatkan Penjualan PC

Prediksi terkait rendahnya penjualan PC di musim panas ini ternyata tidak benar-benar terjadi. Sejumlah pengamat pasar mengatakan bahwa penjualan PC di masa “back to school” tersebut ternyata di atas apa yang telah diperkirakan sebelumnya. Hal itu terjadi berkat meningkatnya minat masyarakan terhadap perangkat laptop yang dilengkapi dengan layar sentuh dan juga Chromebook!

Study Time

Untuk pasar Amerika Serikat, nilai penjualan PC di masa “back to school” tersebut memang turun 2.5% dibandingkan dengan tahun 2012 lalu. Namun, angka penurunan tersebut tidaklah seseram yang dibayangkan sebelumnya, dimana para pengamat pasar memprediksikan penurunan di atas 4%. Hal tersebut terjadi karena adanya minat pasar yang tinggi terhadap laptop Windows 8 dengan touch screen, dimana perangkat tersebut menyumbang lebih dari 1/4 dari total penjualan PC. Selain itu, minat terhadap Chromebook yang juga meningkat, mencapai 3.3% dari total penjualan PC, turut membantu PC mematahkan prediksi penurunan di atas 4% tersebut.

Terkait meningkatnya penjualan laptop Windows 8 dengan touch screen, banyak yang berpendapat bahwa hadirnya perangkat laptop touch screen dengan harga di bawah US$ 500 merupakan pendorong naiknya minat terhadap perangkat tersebut. Pihak Microsoft sendiri memang sejak lama menekankan bahwa Windows 8 tidak akan terlihat seburuk saat ini seandainya berbagai produsen bisa membuat perangkat laptop dengan touch screen yang memiliki harga cukup terjangkau. Setidaknya, untuk saat ini, pendapat Microsoft tersebut terlihat benar.

Walaupun hanya melihat data dari penjualan di wilayah Amerika Serikat saja, NPD Group, salah satu badan pengamat pasar, mencermati adanya indikasi bahwa pasar PC tidak benar-benar ditinggalkan oleh penggunanya. Pada masa-masa tertentu, penjualan PC akan kembali terkerek naik, walaupun tidak bisa setinggi beberapa tahun lalu dimana saat itu smartphone dan tablet masih belum meluas penggunaannya seperti saat ini.

Tags:

Share This: