in: News | September 5, 2013 | by: Ozal

Pabrik Produsen Chip Memory Nomor 2 di Dunia Dilalap Api

hynix 2

Pabrik perusahaan semikonduktor chip memory nomor dua di dunia, SK Hynix yang ada di Wuxi, Cina, dilalap api pada Rabu waktu setempat. Pihaknya pun berharap tetap dapat melanjutkan produksi di pabrik tersebut “dalam waktu singkat” sehingga “mungkin” volume pasokan tidak akan terlalu terpengaruh.

Saat ini, api telah dipadamkan. Butuh waktu hampir dua jam memadamkan si jago merah. “Sekitar pukul 16.50 waktu Korea, kebakaran terjadi selama instalasi peralatan. Api mulai benar-benar padam pada pukul 18.20 waktu Korea. Kami masih menyelidiki tingkat kerusakannya. Namun tak ada korban jiwa, hanya satu orang yang cidera,” kata perusahaan dalam sebuah pernyataan, dilansir Computer World.

Perusahaan mengatakan kebakaran itu terjadi di fasilitas FAB C2. Namun kerusakan yang ditimbulkannya, klaim Hynix, tidak separah seperti yang tampak dalam foto. Sebab, “Api terkonsentrasi di fasilitas pemurnian udara yang terkait dengan atap dari FAB”. Pihaknya juga mengklaim tidak ada kerusakan material yang cukup signifikan akibat musibah itu. Mereka pun berharap dapat tetap melanjutkan operasi produksi dalam jangka waktu dekat ini, sehingga produksi dan suplai secara keseluruhan tidak terlalu terpengaruh. Selain itu mereka mengatakan bahwa segala kerusakan ditanggung sepenuhnya oleh pihak asuransi.

hynix 3

Hynix juga berjanji tidak akan melumpuhkan produksi chip memory di pabrik yang menyumbang sekitar 15 persen dari total produksi. Selain di Cina, ada empat pabrik yang dimiliki Hynix, yakni tiga di Korea Selatan dan satunya lagi berada di Amerika Serikat. Sekedar catatan, harga chip DRAM saat ini hampir dua kali dalam enam bulan pertama ini karena pasokannya yang mulai berkurang. Belum ada keterangan resmi dari Hynix, apakah musibah ini akan mempengaruhi harga dari chip besutannya itu.

Analis berpandangan lain mengenai masa depan harga chip Hynix. “Pasar DRAM sudah ketat dan fasilitas di Wuxi hampir 15 persen dari kapasitas DRAM global. Seandainya pabrik Wuxi menurunkan pasokannya, maka kita berekspektasi, harga akan segera meloncat seketika. Saya tidak akan terkejut bila seandainya akan terjadi lonjakan harga 10 persen untuk hari ini,” ujar Mike Howard, analis utama di DRAM & Computing Platform di perusahaan riset IHS iSuppi yang juga mengatakan, foto kebakaran itu tampaknya cukup signifikan.

Hynix sendiri merupakan produsen chip memory terbesar nomor dua di dunia yang mewakili sekitar 30 peren dari produksi di seluruh dunia. Apple menjadi salah satu yang memasok produk chip memoriy Hyni untuk iPhone dan iPad. Pihaknya juga mesti bersaing dengan Samsung di posisi pertama dengan pasngsa 32,7 persen dan di posisi ketiga, Micron dengan pangsa pasar sebesar 12,9 persen. Adapun salah satu nama besar yang menjadi pemasok chip memori Hynix, yakni Apple guna disematkan di iPhone, iPad dan Macbook Pro.

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES