in: Direct Release | September 23, 2013 | by: Dian Syarifuddin

[PR] WordCamp kembali diadakan di Indonesia

WordCamp

Jakarta, 21 September 2013 – Setelah sempat absen untuk waktu yang cukup lama, acara WordCamp akan kembali diadakan di Indonesia. WordCamp adalah ajang pertemuan para pengguna, pengembang dan fans WordPress, salah satu platform blogging paling populer di dunia, yang sebelumnya pernah tiga kali dilaksanakan di Indonesia (2009, 2010, dan 2011). WordCamp tahun ini akan diadakan di Yogjakarta pada Tanggal 18-20 Oktober 2013.

“WordCamp adalah ajang yang selalu ditunggu-tunggu oleh para penggiat WordPress, dan kami senang akhirnya tahun ini dapat terselenggara kembali,” ujar Valent Mustamin, salah satu penggagas acara ini. “WordCamp akan selalu membawa sesuatu yang baru dan segar kepada mereka yang menghadiri ajang ini, baik dari isi acara maupun formatnya,” imbuhnya.

Sejumlah acara telah dipersiapkan menjelang dan selama perhelatan besar ini. Jika tidak ada aral melintang, rangkaian kegiatan WordCamp Indonesia 2013 akan diawali dengan Geeks on Train pada 16-17 Oktober 2013. Ini merupakan sebuah kompetisi dimana para pengembang, desainer dan perencana bisnis akan bertemu dan membentuk tim untuk kemudian membuat produk startup selama perjalanan mereka menggunakan kereta dari Jakarta ke Yogjakarta lalu mempresentasikannya kepada publik pada saat penyelenggaraan WordCamp.

Acara utama WordCamp Indonesia 2013 sendiri adalah konferensi tiga hari dengan WordPress sebagai fokusnya, meliputi sesi-sesi yang akan digawangi oleh para pembicara ahli, tutorial, serta diskusi mendalam dengan para ahli WordPress. Para peserta juga berkesempatan untuk berbagi pengalaman dengan sesama pengguna dan mengikuti kegiatan menarik lainnya seperti jazz music performance, networking session, job fair, dan Happiness Bar, yaitu kesempatan bagi para pengguna WordPress untuk bertanya seputar WordPress kepada mereka yang lebih “professional”.

“Dari segi acara, akan ada sejumlah program yang berbeda dengan format WordCamp pada umumnya, antara lain ada beberapa topik terkait penggunaan WordPress yang akan diangkat agar acara ini lebih menarik dan bersahabat dengan end-user,” demikian penjelasan Valent.

Yang tak kalah pentingnya, di ajang WordCamp Indonesia 2013, ada inisiatif untuk pembentukan wadah resmi komunitas WordPress di Indonesia. Orang-orang yang terpilih sebagai pengurus komunitas ini nantinya akan ikut  bertanggung jawab terhadap pelaksanaan WordCamp Indonesia berikutnya. Selain itu, dengan adanya wadah ini, diharapkan akan ada semakin banyak kegiatan yang terkait dengan WordPress, dengan penyelenggaraan yang lebih intensif di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Pengguna, pengembang dan fans WordPress yang tertarik mengikuti ajang ini sudah dapat melakukan pendaftaran melalui situs http://2013.indonesia.wordcamp.org/.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES