in: Memory - RAM - Notebook / Laptop | September 1, 2013 | by: Jagat Review

Praktek Upgrade Memori Ultrabook: ASUS Vivobook S400CA

DSC00506

Apakah Anda merupakan seorang pengguna Ultrabook yang membutuhkan performa ekstra untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari? Ataukah Anda seorang pengguna yang selalu membuka banyak program sekaligus? Untuk berbagai kebutuhan tersebut, kadang menambah RAM pada Ultrabook Anda merupakan salah satu solusi yang tepat untuk dilakukan. Sayangnya, tidak semua Ultrabook mengijinkan Anda untuk meng-upgrade RAM. Untungnya, kami menemukan satu test subject yang cocok untuk digunakan dalam praktik upgrade RAM ini, yakni ASUS Vivobook S400CA (Intel Core i3 3217U + Intel HD Graphics 4000)

Keunikan dari ASUS S400CA ini adalah kemudahannya untuk dapat diupgrade. Anda dapat dengan mudah membuka bagian bawah dari Ultrabook S400C ini tanpa perlu takut adanya segel garansi yang harus dirusak. Jadi Anda dapat meng-upgrade Ultrabook Anda sendiri tanpa perlu repot pergi ke ASUS Service Center.

Lalu apa saja yang Anda perlu ketahui sebelum anda menambahkan memori pada ultrabook Anda? Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menambahkan memori Anda.

  • Kenali sistem Anda sendiri (dengan program CPU-Z misalnya). Pada S400CA yang kami uji, telah diberikan RAM dengan kapasitas sebesar 4GB, kecepatan sebesar DDR3-1600Mhz , latency 11-11-11-28 1T, dan berjalan dalam modus single-channel.

SingleChannel

  • Setelah mendapatkan informasi tersebut, Anda dapat mencari memori yang cocok untuk Anda. Kami sarankan untuk membeli RAM yang memiliki spesifikasi identik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya masalah karena alasan kompatibilitas.

Langkah-langkah Upgrade

Berikut ini akan kami paparkan langkah yang perlu Anda lakukan untuk menambah memori Anda:

DSC00379

Ini adalah bagian bawah dari ultrabook S400C. Kami sarankan untuk menggunakan sebuah media halus(busa misalnya) untuk meletakan ultrabook ini secara terbalik , supaya anda tidak menggores bagian atas notebook ini pada saat membuka bagian bawah untuk mengupgrade.

DSC00377
Pertama-tama langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuka Ultrabook ini adalah dengan melepaskan semua baut yang ada. Kemudian untuk membukanya, Anda akan membutuhkan bantuan dari sebuah benda yang berukuran tipis. Kami menggunakan kartu plastik untuk membuka bagian bawah dari Ultrabook ini. Kartu digunakan untuk membuka tanpa memberikan kerusakan pada badan ultrabook.

*gambar resolusi tinggi - klik untuk memperbesar*
*gambar resolusi tinggi – klik untuk memperbesar*

Ya, selalu ada ruang untuk mengupgrade ultrabook S400C Anda ini. Itulah hal yang terpikirkan setelah membuka dan melihat “isi” dari ultrabook ini. Mengapa demikian? Apabila Anda perhatikan, selain telah disediakan sebuah slot memori, Anda juga dapat dengan mudah melepaskan hard disk Anda.

DSC00391

Nah, untuk memasang memori tambahan yang sudah Anda beli, cukup letakan memori tersebut secara miring di slot yang ada seperti pada gambar. Kemudian tekan ke bawah sehingga terdengar bunyi “klik” dimana pengait yang telah mengunci memori Anda.

DSC00388

Ini adalah tampilan memori Anda yang telah terpasang secara baik. Setelah pemasangan memori dilakukan, tutup kembali bagian bawah ultrabook Anda dan kencangkan lagi dengan baut. Pastikan dengan program CPU-Z (atau di BIOS) bahwa RAM Anda yang kedua ini sudah terpasang dengan sempurna.

DualChannel

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES