in: Notebook / Laptop | September 11, 2013 | by: Ridwan Fariz

Review Dell Inspiron 3421: Notebook Touch ULV dengan Kapasitas Baterai Tinggi

Kinerja

3DMark 6

3dmark6

3DMark – Cloud Gate

3dmark CG

Keunggulan lain dari notebook ini adalah tersedianya GPU dedicated NVIDIA GT625M yang cukup bertenaga. Dari skor benchmar sintetis diatas, GPU ini lebih unggul dibandingkan GPU terintegrasi Intel HD 4000, namun sudah sedikit tertinggal jika dibandingkan GPU terintegrasi Intel HD 4600 berbasis Haswell.

Pengujian Game

bioshock

 

grid2

starcraft

Jika dibandingkan kedua saudaranya GT635M dan yang terbaru GT750M, GT625M ini memang tertinggal cukup jauh performanya saat menjalankan game-game saat ini terutama pada detail grafis tinggi. Solusi terbaik adalah dengan menurunkan tingkat detail dengan kombinasi medium-low, dan berbagai game tersebut dapat dengan cukup nyaman dimainkan pada frame rate diatas 30 FPS.

Kesimpulan

Notebook Dell Inspiron 3421 ini merupakan kombinasi sebuah notebook dengan prosesor hemat daya ULV namun dengan wujud sebuah notebook konvensional yang ukurannya memang sedikit lebih tebal dibandingkan notebook berbasis ULV lainnya.

Dell Inspiro 3421 _6

Keunggulan utama dari form factor ini, Dell dapat menggunakan kapasitas baterai yang besar, menjadikan daya tahan baterai notebook berbasis ULV ini dapat bertahan lebih dari 7 jam. Tidak seperti notebook konvensional lain dengan prosesor berakhiran “M” yang memang rata-rata hanya bisa bertahan sekitar 3-4 jam saja. Namun secara performa notebook ini akan tertinggal dibandingkan notebook konvensional lain, karena prosesor ULV ini memang didesain dengan frekuensi lebih rendah dari prosesor kelas M. Keunggulan lain dari form factor konvensional adalah solusi pendinginan yang tergolong baik. Untuk penggunaan game berjam-jam sekalipun, notebook ini tidak menghasilkan panas berlebih yang dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakan notebook ini, yang tidak akan bisa sama suhunya saat diterapkan pada notebook dengan ukuran tipis apalagi yang sudah menggunakan GPU dedicated.

Interface I/O Dell Inspiron 3421 menyediakan port yang cukup lengkap dengan tiga buah USB, yang dua diantaranya adalah USB 3.0, HDMI port, Ethernet (RJ45), card reader, dan sebuah optical drive DVD-RW. Cukup disayangkan Dell tidak menyediakan port D-Sub yang masih sangat terpakai untuk saat ini. Secara keseluruhan produk Dell Inspiron 3421 ini merupakan produk yang tergolong baik, terutama bagi para pengguna yang membutuhkan sebuah notebook touch screen dengan daya tahan lama, kemampuan bermain game yang tidak mengecewakan, dan nyaman digunakan untuk jangka waktu lama. Walaupun ukuran ketebalan dan berat notebook ini tidak se-compact notebook tipis lain yang banyak beredar saat ini.

Kelebihan

  • +Baterai tahan lama
  • +Suhu terjaga
  • +Performa game lebih baik dari GPU terintegrasi
  • +Nyaman digunakan

Kekurangan

  • -Tidak ada port D-SUB/VGA
  • -Single channel memory
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES