in: Processors | September 13, 2013 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Intel Pentium Haswell Desktop: Performa Tinggi Untuk PC Murah

Bioshock Infinite

Banyak disanjung sebagai salah satu game terbaik tahun ini, Bioshock Infinite merupakan sebuah FPS yang berlatar belakang kota di awan bernama Columbia dengan tujuan menyelamatkan seorang wanita bernama Elizabeth dimana Anda akan dibawa melalui petualangan yang seru dan plot twist yang berliku-liku. Game ini sendiri menggunakan salah satu engine paling popular yaitu Unreal Engine 3, yang juga digunakan pada game seperti Batman Arkham City, Gears Of War, dan Borderland.

intel pentium g haswell bio_inf 01 fix

intel pentium g haswell bio_inf 02 fix

intel pentium g haswell bio_inf 03 fix

Bermodalkan iGPU Intel HD Graphics dengan 10 unit EU, seluruh Pentium G3000 unggul jauh di depan Intel HD Graphics dengan 6 unit EU. Pada pengujian kami, perbedaan performa tersebut mencapai lebih dari 40% dan membuat game ini lebih nyaman dimainkan berkat frame rate lebih tinggi. Pada game ini terlihat setiap model Pentium G3000 menawarkan performa tidak jauh berbeda satu sama lain.

GRID 2

grid2 logo

Game balapan di atas aspal ini merupakan karya terbaru dari studio Codemaster Racing yang telah ditunggu-tunggu kehadirannya selama beberapa tahun belakangan.

intel pentium g haswell grid2 01 fix

intel pentium g haswell grid2 02 fix

intel pentium g haswell grid2 03 fix

Intel HD Graphics Pentium G3000 kembali unggul dibandingkan Intel HD Graphics 6 EU di Ivy Bridge. Seluruh Pentium G3000 terlihat masih mumpuni menjalankan game ini dengan frame rate tinggi di resolusi gambar 1360 x 768 piksel. Alhasil dengan frame rate setinggi itu, pengguna masih bisa mengkatrol setting kualitas grafik game ke tingkat lebih tinggi.

Starcraft II

starcraft2 logo

Starcraft II dari studio Blizzard ini merupakan salah satu game RTS populer saat ini.

intel pentium g haswell sc2 01 fix

intel pentium g haswell sc2 02 fix

intel pentium g haswell sc2 03 fix

Dukungan kecepatan memori lebih rendah ternyata memberikan perbedaan cukup signifikan antara Pentium G3430 serta G3420 dengan Pentium G3220 pada game ini. Kami menjumpai perbedaan performa sekitar 14% di antara Pentium G3420 dan Pentium G3220.

3DMark Cloud Gate

cloud gate

3DMark Fire Strike dan Cloud Gate merupakan benchmark sintesis generasi terbaru milik Futuremark yang akan menguji kemampuan sistem terutama komponen graphics card.

intel pentium g haswell 3dmcg 01 fix

intel pentium g haswell 3dmcg 02 fix

intel pentium g haswell 3dmcg 03 fix

Konsumsi Daya

Pengukuran yang dilakukan pada pengujian adalah konsumsi daya sistem. Ini dilakukan dengan menggunakan instrumen pengukur daya (Watt Meter).

intel pentium g haswell watt 01

intel pentium g haswell watt 02 fix

intel pentium g haswell watt 03

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This: