in: Graphics Card | September 27, 2013 | by: Fidelis Andryanus

Review VGA ASUS GTX 760 DirectCU II OC: Performa Tinggi dengan Bodi Ringkas

Graphics Card

asus-gtx-760-dcuii-oc-overall-1

Penampilan graphics card ini tampak identik dengan seri DirectCU II lainnya kecuali adanya perombakan pada desain cover heatsink. Cover heatsink memang masih memadukan warna merah dan hitam tetapi terjadi perubahan pada bentuk cover heatsink seperti pernah kami temukan pada GeForce GTX 780 seri DirectCU II. Sementara itu PCB graphics card ini terlihat mirip dengan PCB pada ASUS GTX 670 DirectCU Mini. Kombinasi sistem pendingin dan PCB tersebut membuat graphics card ini memiliki ukuran ringkas dan tidak banyak memakan tempat di dalam casing.

asus-gtx-760-dcuii-oc-heatpipe

Untuk membantu mengalirkan panas dari chip GPU ke sirip-sirip heatsink dengan cepat, ASUS memasangkan 4 buah heatpipe tembaga berlapis nikel bertipe direct contact atau bersentuhan langsung dengan permukaan chip GPU. Untuk komponen kipas yang bertugas menghembuskan angin dan mengusir panas dari sirip-sirip heatsink, ASUS memasangkan 2 buah kipas berdiameter cukup besar. Kipas tersebut masih menggunakan tipe konvensional dan belum mengadopsi CoolTech Fan yang menggabungkan kipas bertipe blower dan tradisional seperti yang diperkenalkan ASUS pada sejumlah produk DirectCU II lainnya.

asus-gtx-760-dcuii-oc-fin-heatsink

Sirip-sirip heatsink dari sistem pendingin DirectCU II yang digunakan oleh graphics card ini juga memiliki ukuran yang cukup tebal dan berjumlah cukup banyak. Heatsink berbahan aluminium ini tampak meyakinkan dapat mendinginkan graphics card ini secara optimal.

asus-gtx-760-dcuii-oc-direct-power-feature

Pada graphics card ini, ASUS membenamkan fitur DirectPower, yang diklaim dapat membuat suhu pada PCB 15% lebih dingin dan dipadukan dengan Super Alloy Power dapat meningkatkan umur komponen 2.5x lebih lama.

Untuk menguji sistem pendinginan DirectCU II dari ASUS GTX 760 DirectCU II OC, kami menjalankan aplikasi Unigine Heaven dan mendapatkan hasil seperti dibawah ini:

ASUS GTX 760 DirectCU II OC

  • Full-load : 66 °C (fan speed: Auto @68%)
  • Idle : 34 °C (fan speed: Auto @29%)

 

asus-gtx-760-dcuii-oc-pcie-power-connector

Berbeda dengan GTX 760 reference dari NVIDIA yang membutuhkan 2 buah konektor daya 6-pin PCIE atau varian sejenis lainnya dengan konektor daya 8-pin+6-pin PCIE, ASUS membuatnya lebih sederhana dengan merubah konfigurasi dengan menggunakan konektor daya PCIE 8-pin. Selain itu untuk mempermudah para pengguna mengetahui bahwa konektor daya sudah terpasang dengan benar, ASUS memberikan sebuah lampu indikator yang akan menyala berwarna merah jika konektor daya belum atau tidak terpasang, dan akan berwarna hijau jika konektor daya telah terpasang dan berfungsi dengan benar.

asus-gtx-760-dcuii-oc-sli-connector

Dengan hadirnya dua konektor SLI pada graphics card ini, para pengguna dapat melipatgandakan performa komputasi grafis komputernya dengan menggunakan maksimal tiga buah graphics card sejenis.

asus-gtx-760-dcuii-oc-output-connector

ASUS GTX 760 DirectCU II OC dilengkapi dengan konektor display:

  • 1x DVI-D
  • 1x DVI-I
  • 1x HDMI
  • 1x DisplayPort

Graphics card ini mendukung konfigurasi multi-monitor NVIDIA Surround dengan menggunakan, maksimal, 4 buah monitor.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES