in: News | September 7, 2013 | by: Cerira

Tahun 2017, Google Glass Akan Datangkan Keuntungan $3.3 Milyar

Dengan fenomena yang dihadirkan kacamata pintar besutan Google, seorang analis memperkirakan bahwa Google Glass akan bernilai $3.3 milyar empat tahun lagi, tepatnya di tahun 2017. Nilai tersebut bahkan didapatkan hanya jika kacamata tersebut dimiliki oleh 65.000 orang saja. Robert Peck dari SunTrust Robinson Humphrey, melakukan sebuah riset tentang Google Glass dan masa depan kacamata tersebut terutama keuntungan yang didapat Google dari produk terbarunya tersebut.

sergey-brin-google-glass-0020_610x407

Jumlah 65.000 tentunya termasuk sangat sedikit jika dibandingkan dengan masa depan kacamata yang dibenami dengan teknologi augmented reality canggih tersebut. Sambutan hangat dan minat masyarakat yang sangat besar terhadap wearable technology khususnya Gogole Glass dipastikan jauh lebih banyak dari jumlah tersebut. Bahkan menurut survey terbaru, sekitar 20% warga Amerika Serikat menginginkan Apple iWatch sehingga kemungkinan besar keinginan untuk memiliki Google Glass pun tak kalah banyak. Melihat hal tersebut kemungkinan besar pada tahun pertama penjualan Glass saja sudah akan bisa melampaui jumlah 65 ribu.

Peck dalam risetnya menyebutkan bahwa kacamata tersebut diperkirakan akan dijual seharga $349 di mana harga tersebut tidak jauh berbeda dengan harga yang selama ini dikabarkan. Namun keuntungan Google terbesar yang akan didapat bukan dari harga jual Glass melainkan dari pendapatan iklan. Hal tersebut terutama datang dari iklan pencarian lokal dimana user akan melakukan berbagai pencarian dengan kacamatanya misal restoran, café dan sebagainya, atau juga bermain dengan fitur Google Field Trip yang baru saja dirilis, atau juga saat liburan untuk mencari gedung lokal, galeri, tempat wisata dan sebagainya.

Selain Peck, para pengguna pertama dari Glass, salah satunya adalah blogger, praktisi teknis dan penulis terkemuka di Amerika Serikat, Robert Scoble, yang membayar $1,500 untuk membeli Google Glass dalam versi aslinya, juga memberikan tanggapan senada. Scoble menyatakan tentang kesuksesan komersial  jangka panjang yang akan didapatkan kacamata tersebut. Scoble yakin Glass akan bertahan hingga beberapa dekade dan akan diluncurkan dalam berbagai genre. Scoble sendiri memrediksi bahwa produksi kacamata tersebut memakan biaya sebesar $299.

Dari surveinya, Peck kemudian berspekulasi bahwa Glass akan mendatangkan pendapatan secara bertahap dimana tahun 2014 akan mendatangkan keuntungan di bawah $300 juta, sedikit melebihi $1 milyar di tahun 2015, $2 milyar di tahun 2016 dan mencapai $3.3 milyar di tahun 2017.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES